« Kembali
Amankah Cairan Pembersih Daerah 'V'?
Apakah pembersih vagina aman untuk digunakan sehari-hari dan tidak mempengaruhi kesuburan?
Petti Lubis
Selasa, 29 September 2009, 10:42 WIB
  (corbis.com)
  (corbis.com)

Tanya:
Saya (25) sering menggunakan vaginal douche (pembersih vagina). Apakah pembersih vagina aman untuk digunakan sehari-hari dan tidak mempengaruhi kesuburan wanita? Apakah wanita hamil boleh menggunakannya? Selain itu, benarkah cairan pembersih vagina bisa mematikan sperma?

idxxx@yahoo.com

Jawab:

Seorang wanita yang sehat, vagina atau liang sanggamanya mengalami proses pembersihan alami yang berlangsung dengan sendirinya. Hal ini terjadi juga pada bagian tubuh lainnya yang berupa liang, seperti pada liang telinga. Oleh karena itu pembersihan dengan vaginal douche tidak perlu dilakukan dan bahkan dapat berdampak merugikan karena bisa mengganggu ekologi daerah vagina. 

Mikrorganisme yang ada dan diperlukan di vagina dapat mati, lendir  serviks (mulut dan leher rahim) yang diproduksi pada masa subur dan berfungsi membantu transportasi sel mani ke dalam rahim dapat terganggu.  Dengan demikian, secara tidak langsung, penggunaan vaginal douche dapat mengganggu proses reproduksi.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kejadian infeksi organ di daerah panggul dan kejadian kehamilan ektopik (di luar kandungan) lebih sering terjadi pada perempuan yang biasa melakukan pembersihan vagina dengan cara tersebut. Dalam kehamilan, penggunaan vaginal douche yang cairannya disemprotkan dengan tekanan tertentu dikhawatirkan dapat menyebabkan emboli udara atau cairan yang dapat berakibat fatal.

Di dunia kedokteran, cairan pembersih vagina hanya dipakai untuk keadaan vagina yang mengalami kelainan berupa infeksi yang menyebabkan keluarnya cairan yang berlebihan dari vagina. Jadi, gunakanlah vaginal douche sebagai upaya sementara untuk mengatasi masalah bila Anda mengalami keputihan yang tidak normal, sebelum Anda memeriksakan diri ke dokter guna mendapatkan terapi yang tepat; bukan untuk pemakaian rutin.

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com