« Kembali
Tips Sukses Membuat Kue Lebaran
Berikut masalah yang sering terjadi saat membuat kue-kue kering, dan cara mengatasinya!
Petti Lubis, Mutia Nugraheni
Selasa, 1 September 2009, 15:49 WIB
  (dok. Agromedia)
  (dok. Agromedia)

VIVAnews - Menjelang hari raya Idul Fitri nanti, pasti Anda akan menyediakan kue-kue kecil untuk menyambut sanak saudara. Jika biasanya Anda membeli kue, tidak ada salahnya untuk sesekali mencoba membuat kue sendiri.

Jangan menyerah jika kue yang Anda buat gagal dan tidak sesuai yang seperti diinginkan. Mungkin Anda hanya belum tahu bagaimana mengatasinya. Berikut masalah yang sering terjadi saat membuat kue dan cara mengatasinya menurut buku "Rahasia Antigagal Membuat Aneka Kue Populer" terbitan Demedia.

- Kue kering terlalu keras
Solusi: Jika kue kering yang Anda buat teksturnya terlalu keras, bisa jadi karena proses pembakarannya dalam oven terlalu lama. Selain itu, bisa juga karena komposisi yang Anda gunakan tidak tepat. Rumus perbandingan bahan yaitu 3:2:1:1/2. Maksudnya, jika menggunakan 300 gram tepung terigu, margarin yang dibutuhkan adalah 200 gram dengan jumlah gula 100
gram dan telur sebanyak 50 gram.

- Kue kering terlalu melebar
Solusi: Bentuk kue kering yang terlalu melebarkan disebabkan karena pengocokan gula dan margarin terlalu lama. Pemakaian telur yang terlalu banyak juga membuat kue cenderung melebar.

- Bagian bawah kue matang, tetapi bagian tengah masih basah
Solusi: Hal tersebut biasanya terjadi karena suhu oven terlalu panas atau jarak loyangnya ke sumber api terlalu dekat. Idealnya, emamnggang kue kering sebaiknya di rak tengah oven.

- Warna kue kering terlalu pucat
Solusi: Kue yang terlihat pucat menandakan kue belum matang sempurna, namun sudah dikeluarkan dari oven. Jika sudah matang tetapi warnanya tetap pucat, biasanya karena pemakaian gula dalam adonan kurang.

- Kue kering mudah hancur
Solusi: Kue yang mudah hancur disebabkan pemakaian mentega/ margarin terlalu banyak. Untuk mengatasinya tambahkan sedikit putih telur saat pengocokan margarin dan telur.

Logo Agromedia

• VIVAlife   |   Share :  
  • Budi Setiawan
    01/09/2009
       Laporkan
    Terima kasih atas informasinya. Salam hangat dari Budi Setiawan di Bogor | via VIVAnews

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com