« Kembali
Menata Ruang Tamu Mungil
Seperti apa penataan furnitur dan sirkulasi yang tepat untuk ruang tamu saya yang mungil?
Irma Kurniati
Senin, 3 November 2008, 12:39 WIB
Interior ruang tamu mungil (WARD design)
Interior ruang tamu mungil (WARD design)

Tanya:
Ukuran ruang tamu rumah saya sekitar 3x3 m. Saya ingin menatanya dengan apik, tanpa terlihat sempit. Furnitur apa saja yang bisa digunakan? Di mana sebaiknya meletakkan sofa? Bagaimana mengatur furnitur lain tanpa mengganggu sirkulasi dari pintu masuk ke ruangan lain?

siskaxxx@gmail.com


Jawab:

Menata ruang tamu mungil memang tidak sebebas menata ruang tamu dengan ukuran yang lebih luas. Namun, dengan kreativitas kita, menata ruang tamu yang mungil menjadi kegiatan yang menantang dan menyenangkan.

Ruang tamu yang mungil sebaiknya tidak dipenuhi dengan banyak furnitur, agar tidak terkesan sempit. Sediakan saja satu buah sofa dengan dua dudukan (two seater), satu sofa single seater, dan sebuah meja kecil (coffee table).

Apabila masih ada ruang lebih, bisa ditambahkan satu meja sudut. Agar ruang terlihat lebih lega dan tidak menggangu sirkulasi dari pintu utama ke ruangan lain, sofa two seater diletakkan bersandar ke dinding. Sofa tanpa sandaran atau tanpa lengan, berwarna terang dengan ukuran yang kecil yaitu sekitar 50 cm (ukuran standar sofa adalah 80 cm) juga dapat menjadi pilihan.

Ini merupakan salah satu tips menghemat ruang. Untuk memberikan kesan luas lainnya, pada dinding yang berhadapan dengan sofa two seater dapat diletakkan cermin berukuran besar sehingga melegakan pandangan dan membuat kesan ruangan seolah-olah luas. Sedangkan di belakang sofa two seater, untuk mempercantik ruangan, dapat anda tambahan lukisan atau foto.

Demikian tips dan saran dari kami. Selamat menata ruang tamu yang cantik dan nyaman!

Konsultan:

WARD Design
Architecture/Interior/Furniture/Exhibition
Lebak Bulus I Jl. H. Naseri No. 8
Jakarta
Tel: 021 - 7500934, 98268493
www.ward-design.net

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com