« Kembali
Mengembangkan Kecerdasan Otak dan Emosi Anak
Satu cara paling efektif mengembangkan kecerdasan otak dan emosi anak adalah bermain.
Petti Lubis
Senin, 25 Mei 2009, 09:33 WIB
  (doc. Demedia)
  (doc. Demedia)

VIVAnews - Setiap orangtua menginginkan anak-anaknya memiliki IQ (Intelligence Question) dan EQ (Emotional Question) yang baik. Kecerdasan pikiran, mutlak harus dipelajari untuk memberi fondasi anak agar mampu berargumen, mengambil keputusan, dan mencari solusi terbaik atas permasalahan yang muncul. Sedangkan, kecerdasan emosi dibutuhkan agar anak dapat membentuk karakter baik dalam dirinya.

Salah satu cara paling efektif dalam mengembangkan kecerdasan otak dan emosi anak adalah dengan bermain. Mengapa permainan dapat melatih jiwa kepemimpinan anak? Yakni apabila unsur-unsur dalam permainan tersebut mengajarkan tentang keberanian, tanggung jawab, logika, cara mengatur strategi, memecahkan masalah, bekerjasama, melatih ketangkasan, konsentrasi, membangun kreativitas, melatih kepercayaan diri, dan nilai positif lainnya.

Mengenali kecerdasan otak dan mental menjadi bagian terpenting dalam pembentukan karakter seorang anak. Cara meningkatkan hal itu bisa dilakukan sambil bermain. Banyak bentuk permainan yang ditawarkan untuk menggali kecerdasan tersebut antara lain permainan ladang jebakan, adu suit, sarang laba-laba, kanal api.

Bermain, membutuhkan orang lain sebagai teman atau lawan. Bermain peran seperti ini jelas dibutuhkan seorang anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Anak-anak mungkin akan bertengkar selama menjadi musuh. Kemudian dalam sekejap, akrab kembali sebagai teman. Inilah salah satu proses pembentukan emosi.

Pembentukan emosi anak juga dapat dilakukan ketika ia dapat bekerjasama dengan teman-temannya. Sebab, kerjasama merupakan cara ia melatih kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
Semua ini dapat dipelajari melalui Buku “Creative Game for Kids” karya Yudha Kurniawan, SP terbitan Wahyumedia.

Di dalam buku ini mengulas bentuk permainan yang dilakukan secara berkelompok dengan berkonsentrasi pada kemampuan berpikir, kerjasama, ketangkasan tubuh, pengembangan diri, dan komunikasi. Peserta yang bermain disesuaikan dengan usia, tinggi, dan bobot tubuhnya. Seluruh permainan dirancang menggunakan alat dan bahan sesuai jenis permainannya. Lokasi kegiatan ada yang di dalam ruangan adapula di halaman luar, sesuai ruang yang dibutuhkan dalam permainan.

Creative Games

Selain itu, buku ini berisi 35 permainan seru untuk meningkatkan IQ dan EQ anak. Dapat digunakan sebagai panduan bermain yang mudah, bermanfaat, dan menyenangkan bagi anak maupun siswa di sekolah.

Harapannya, buku terbitan WahyuMedia ini dapat memberikan kontribusi lebih bagi anak dalam proses belajar. Sebab, dengan belajar sambil bermain, biasanya anak akan lebih cepat menyerap atau memahami materi pembelajaran.

Logo Agromedia

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com