« Kembali
Lima Resep Memperkuat Kekebalan Tubuh Anda
Tambahkan rempah-rempah untuk meredakan gangguan gatal tenggorokan.
Irma Kurniati
Kamis, 14 Mei 2009, 09:51 WIB
  (dok. Corbis)
  (dok. Corbis)

VIVAnews – Musim pancaroba belum berlalu. Perubahan cuaca panas dan dingin yang tak bisa diprediksi membuat berbagai penyakit seperti flu dan radang tenggorokan menyerang kekebalan tubuh.

Tanda-tanda yang paling umum adalah tenggorokon dan hidung terasa kering dan gatal. Saat tenggorokan terasa gatal, jangan terburu-buru minum obat.

Coba redakan dengan ramuan antigatal tenggorokan yang bisa dilakukan dengan cara diminum, berkumur, ataupun untuk penguapan (steam).

Berkumur
Berkumur untuk melegakan tenggorokan jangan cuma mengandalkan air hangat. Coba lakukan berkumur dengan berbagai ramuan herbal atau rempah
Misalkan dengan menambahkan garam mineral, teh raspberry, cuka apel, sage, jahe, dan kunyit.

Minuman

- Buah sitrus
Buah kaya vitamin C ini sangat kaya antioksidan yang diperlukan untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Anda bisa memilih jeruk atau lemon. Buatlah minuman jus lemon atau jeruk hangat. Cara ini cukup efektif mencegah Anda terserang flu dan melegakan kerongkongan gatal. Agar efeknya lebih terasa, tambahkan satu sendok madu.

- Teh hijau
Kandungan polifenol dalam teh hijau yang terkenal ini memang ampuh untuk melindungi tenggorokan dari serangan virus flu. Tapi jangan meminumnya terlalu panas sebab bisa memicu radang dan kanker kerongkongan.

- Cuka apel
Minuman ini juga kaya vitamin C dan antioksidan lainnya. Bila Anda tak tahan rasanya yang terlalu asam, bisa ditambahkan madu.

Steam

Salah satu cara tradisional untuk mencegah dan mengatasi flu adalah dengan penguapan atau steam. Biasanya dengan memasukkan air panas ke baskom lalu kita lakukan penguapan sambil ditutup handuk. Agar hasilnya lebih efektif, gunakan ramuan rempah yang melegakan hidung dan tenggorokan.

Anda bisa menambahkan minyak eucalyptus, kunyit, dan jahe. Untuk efek relaksasi,Anda bisa menambakan minyak lavender atau chamomile.

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com