« Kembali
Variasi Masakan Bebek
Contek cara mengolah bebek agar empuk hingga jadi sajian menggoda selera di bawah ini!
Petti Lubis
Rabu, 29 April 2009, 14:30 WIB
  (dok. Agromedia)
  (dok. Agromedia)

VIVAnews - Masakan daging bebek memiliki keunikan tersendiri dari daging unggas lainnya. Dagingnya lebih liat dan basah, namun rasanya pun gurih. Bahkan, di negara Prancis, masakan bebek merupakan hidangan istimewa dan menjadi brand masakan yang populer.

Namun, untuk menciptakan hidangan masakan bebek yang lezat dan sesuai selera, diperlukan pengetahuan pengenalan bahan dan teknik memasaknya. Sebab, bebek berbeda dengan ayam. Karakteristik dagingnya berbeda dan memiliki aroma yang lebih amis. Sehingga penangannya pun lebih rumit dari mengolah daging ayam. Yaitu, terutama untuk mengempukkan dagingnya yang liat dan menghilangkan aroma amisnya yang menyengat.

Dengan demikian, sebelum mengolah daging bebek menjadi masakan tertentu, di antaranya Anda mesti memulai dengan menangani bulu-bulunya yang kerap sulit terlepas oleh rendaman air panas, sehingga Anda mesti mencabutinya dengan alat penjepit dan menggarangnya sebentar di atas api. Setelah itu, Anda bisa merebusnya dengan air yang lebih banyak agar empuk. Atau dengan melumurinya dengan meat tenderizer setelah daging bebek dipotong-potong.

Selanjutnya, untuk mengurangi aroma anyir daging bebek, Anda bisa merendamnya di dalam larutan air jeruk nipis atau cuka. Dan, ketika memasaknya, campurkanlah bumbu penambah aroma, seperti serai, daun salam, daun jeruk, atau lengkuas. Dengan cara ini aroma anyir daging bebek akan hilang sehingga tidak merusak selera penggemar masakan daging.

Ada banyak variasi masakan bebek yang bisa dibuat sesuai selera Anda, baik masakan goreng, panggang, maupun berkuah. Jika digunakan cara memasak yang baik dan benar, semua variasi masakan bebek akan menghasilkan sajian yang lezat dan gurih. Bahkan, bisa membuat Anda ketagihan.

Selanjutnya, bagaimanakah cara memasak bebek agar menghasilkan masakan yang lezat dan gurih ini? Buku “Variasi Masakan Bebek"  yang disusun oleh Tim Dapur Demedia ini memberikan langkah-langkah yang mudah bagi Anda untuk menyajikan masakan bebek yang lezat dan gurih sekelas restoran.

Melalui buku yang diterbitkan Demedia ini, Anda bisa membuat aneka masakan bebek, seperti bebek goreng pandan, bebek goreng bumbu bacem, bebek goreng bumbu Bali, bebek goreng tepung panir, bebek goreng presto, bebek goreng lengkuas, bebek rambutan, bebek goreng bumbu poyah, bebek goreng kremes, bebek panggang bumbu rujak, bebek panggang sambal tauco, bebek panggang kemangi, tumis bebek bumbu tauco, bebek tabur wijen, bebek bumbu kacang, bebek cabai hijau, sup bebek asam pedas, sup bebek jamur, dan bebek kuah pedas.

Selain itu, dalam buku ini, juga dibahas bagaimana membersihkan bebek, cara menghilangkan bau anyir dagingnya, dan membuatnya empuk. Selamat mencoba!

Penulis : Tim Dapur Demedia
Harga : Rp 16.000,-
Penerbit : Demedia Pustaka

logo Demedia

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com