« Kembali
FOTO: Desain Unik Rumah Mungil di Jepang (I)
Memanfaatkan lahan minim dengan maksimal.
Maya Sofia
Kamis, 5 September 2013, 12:47 WIB
Horinouchi karya arsitek asal Jepang, Kota Mizuishi. (designboom.com)
Horinouchi karya arsitek asal Jepang, Kota Mizuishi. (designboom.com)

VIVAlife - Terbatasnya lahan dan mahalnya harga rumah mendorong sejumlah arsitek di Jepang mendesain rumah-rumah mungil. Rumah-rumah dengan desain unik ini tak dibangun ke samping, melainkan bertingkat ke atas.

Lihatlah rumah mungil dengan desain unik di Jepang ini.

1. Horinouchi

Rumah Mungil di Jepang

Bingung memanfaatkan lahan seluas 55 meter persegi? Anda bisa meniru desain rumah rancangan arsitek Jepang, Kota Mizuishi.

Rumah yang dinamakan Horinouchi tersebut hanya memiliki luas sekitar 27,9 meter persegi dan terletak di antara sungai dan jalan. Desain rumah ini pun terbilang unik di mana luas lantai dua lebih besar ketimbang lantai dasar.

Selain itu, jika umumnya ruang publik berada di lantai pertama, lain halnya dengan rumah ini. Seperti dilansir laman Designboom, sang arsitek meletakkan kamar tidur di lantai dasar, sementara ruang publik dan dapur berada di lantai dua.

2. Showa-cho

Rumah Mungil di Jepang

Dengan luas 17.89 meter x 3,94 meter, rumah yang satu ini dirancang memanjang ke belakang. Agar ruang tak terlihat sempit, sang arsitek, Shintaro Fujiwara, menggunakan konstruksi melintang dan teknik skip floor.

Seperti dilansir laman Dezeen, rumah yang terletak di Osaka ini, memiliki empat lapisan konstruksi dari basement hingga lantai tiga. Setiap lantainya terhubung oleh tangga. Untuk menciptakan kesan luas, sang arsitek menggunakan kaca sebagai partisi.

3. Nada House

Rumah Mungil di Jepang

Seperti halnya Showa-cho, rumah yang berlokasi di Prefektur Hyogo ini juga dibangun memanjang ke belakang dan bertingkat ke atas. Bedanya, rumah yang dinamakan Nada House tersebut lebih didominasi dengan material kayu.

Rumah rancangan arsitek Fujiwaramuro ini memiliki luas hanya 37 meter persegi. Alhasil, setiap meter lahan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Lantai dasar misalnya, digunakan sebagai garasi dan ruang penyimpanan. Sementara lantai dua berfungsi sebagai ruang keluarga, dapur, sekaligus ruang makan. Adapun ruang tidur diletakkan di lantai tiga.

4. Near House

Rumah Mungil di Jepang

Rumah yang satu ini pada dasarnya terdiri dari dua bangunan yang terpisah oleh taman kecil. Konsep unik ini tak lepas dari lahannya yang berbentuk L.

Bangunan pertama berfungsi sebagai pintu masuk dengan rak buku yang menutupi seluruh dinding ruangan. Bangunan ini terdiri dari dua lantai yang terhubung oleh tangga.

Sementara itu bangunan kedua memiliki ukuran lebih besar di mana kamar tidur dan kamar mandi di lantai dasar. Rumah yang dirancang oleh Mount Fuji Architects Studio ini dilengkapi dengan dapur dan ruang keluarga di lantai dua.

Lihat foto-foto selengkapnya di tautan ini.

Bersambung...
• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com