VIVALIFE

Menilik Kekayaan 10 Kebun Raya Terpopuler Indonesia (II)

Dilengkapi berbagai fasilitas, seperti museum dan perpustakaan.
Rabu, 28 Agustus 2013
Oleh : Maya Sofia, Tasya Paramitha
Didirikan pada tahun 1942, Kebun Raya Purwodadi menyimpan ribuan jenis tanaman

VIVAlife - Menyimpan keindahan alam hijau, kebun raya sebenarnya merupakan salah satu destinasi wisata yang terbilang lengkap. Bagaimana tidak? Selain menyimpan berbagai jenis flora, bahkan flora langka, kebun raya biasanya juga memiliki fasilitas lain seperti pusat penelitian, museum, perpustakaan, teater alam, dan area perkemahan.

Berikut pilihan kebun raya di Indonesia yang patut Anda kunjungi:

Kebun Raya Batu Raden

Terletak di Desa Kemutuk, Baturaden, kebun raya ini lebih tepatnya berada di kaki Gunung Slamet. Di sini Anda akan menemukan berbagai koleksi flora seperti damar, puspa, rasamala, mahoni, kantong semar, kaliandra, paku, dan anggrek. Pengunjung yang datang ke tempat ini dapat melihat koleksi tanaman-tanaman tersebut sembari menikmati pemandangan pegunungan yang indah.

Kebun Raya Purwodadi

Kawasan konservasi seluas 85 hektar ini terletak di Purwodadi, Pasuruan. Didirikan pada tahun 1942, kebun raya tersebut menyimpan ribuan jenis tanaman seperti anggrek, polong, palem, bambu, kaktus, paku dan sebagainya. Di sini Anda akan merasakan kesunyian dan ketenangan alam hutan rimbun yang dijaga kelestariannya.

Kebun Raya Sungai Wain

Di dekat Hutan Lindung Sungai Wain, Balikpapan, terdapat sebuah kebun raya yang menjadi destinasi wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Timur. Memiliki luas 309 hektar dan dapat dicapai dengan berkendara sekitar 20 kilometer dari pusat kota Balikpapan, kebun raya ini awalnya merupakan semak belukar dengan vegetasi pohon-pohon tinggi menjulang.

Setelah terbakar habis, banyak pohon besar tersebut tetap bertahan dan tumbuh kembali. Hal itu lah yang kemudian membuat lokasi ini dijadikan kawasan konservasi. Hingga saat ini terdapat sekitar 1.200 jenis tumbuhan yang terdapat di kebun raya ini.

Kebun Raya Liwa

Dibangun pada tahun 2008 lalu, kebun raya yang satu ini telah menjadi destinasi wisata yang cukup populer di Indonesia. Terletak di kawasan Pegunungan Bukit Barisan, Lampung, Kebun Raya Liwa memiliki udara khas pegunungan yang sejuk dan panorama indah seluas 112 hektar.

Berbeda dengan kebun raya lainnya, di sini merupakan kawasan konservasi dan pengembangan khusus tanaman hias, representasi flora Sumatera bagian selatan, baik yang berbunga maupun yang berdaun indah.

Kebun Raya Pucak

Kebun Raya Pucak yang berlokasi di Sulawesi Selatan ini, merupakan tempat penelitian dan pengembangan tumbuh-tumbuhan hias, obat dan sebagainya yang dibudidaya. Kawasan seluas 120 hektar tersebut juga dirancang sebagai taman wisata pendidikan yang memiliki fasilitas menarik seperti area kamping. Di sini juga terdapat sebuah bendungan dan hutan lindung yang menawarkan suasana wisata alami yang indah. (umi)

 

Baca juga:

Menilik Kekayaan 10 Kebun Raya Terpopuler Indonesia (I)

TERKAIT
TERPOPULER