« Kembali
FOTO: Lima Festival 'Gila' Sepanjang Agustus
Saling lempar tomat, hingga menirukan suara babi.
Wuri Handayani
Senin, 12 Agustus 2013, 14:41 WIB
Humungus Fungus Festival Michigan. (chicagotribune.com)
Humungus Fungus Festival Michigan. (chicagotribune.com)

VIVAlife - Agustus bisa menjadi bulan yang cukup mengasyikkan untuk berwisata. Pasalnya, di bulan ini beberapa negara seperti Jerman, Spanyol, Perancis, dan Amerika menggelar festival meriah. dari yang konvensional sampai yang "gila" sekalipun. Seperti apa?

Perang air di Berlin

Jembatan Oberbaumbrucke di Berlin akan menjadi saksi perang air antara distrik Friedrichshain dan Kreuzberg. Awalnya kegiatan ini memang hanya saling lempar balon berisi air, terkadang ditambah tepung. Namun beberapa tahun belakangan, festival yang menjadi tradisi sejak 1998 itu makin rusuh.
 
Orang-orang mulai membawa telur busuk, daging, buah-buahan, sampai popok kotor. Itulah yang digunakan untuk memukul mundur lawan sampai ke sisi belakang jembatan. Aturan dalam festival ini hanya satu, jangan pulang dalam keadaan bersih.

Banjir buah di Spanyol

Mulanya festival ini hanya berupa perkelahian jalanan di tahun 1944. Namun sejak 1952, pemerintah Spanyol menetapkan La Tomatinasebagai festival tahunan yang diselenggarakan di kota Bunol, wilayah Valencia.

Puluhan ribu ton tomat disiapkan demi festival ini. Setiap orang boleh saling melemparkannya.

Tak hanya sehari, festival itu berlangsung seminggu penuh. Diiringi musik-musik tradisional, tarian bebas, dan kembang api. Saat festival berakhir, alun-alun kota Bunol berwarna merah karena sisa-sisa tomat. 

Jika Anda tak suka tomat, boleh berkunjung ke Pobla del Duc untuk festival La Raima. Sebanyak 90 ton anggur disiapkan untuk dijadikan bahan saling lempar. Menurut sejarah, festival ini dimulai tahun 1930-an, saat orang-orang berpesta merayakan akhir panen dengan saling melempar sisa hasil tanaman.
 
Pesta seni di Nevada

Anda pecinta seni? Tak ada salahnya mengunjungi festival Burning Man yang diselenggarakan di salah satu gurun pasir di Nevada, Amerika. Semua seni tumplek di sini.

Anda bisa berdansa seharian, menyaksikan fashion show, serta pagelaran instalasi seni kolosal. Berada di sini seperti menemukan oase hiburan di tengah padang pasir kering. Eksotisme tradisionalnya terasa kental.
 
Serba jamur di Michigan

Humungus Jamur Festival merupakan salah satu festival jamur terbesar terbesar di dunia. Festival ini bermula tahun 1990-an, saat ditemukan koloni jamur raksasa di dekat hutan di Crystal Falls, Michigan, Amerika Serikat.

Koloni itu seluas 15 hektar dan beratnya 9,5 ton, telah tumbuh selama ribuan tahun.
 
Acara utamanya adalah makan pizza raksasa. Berukuran 10 kaki dengan toping jamur yang melimpah. Selain itu, terdapat pula berbagai kegiatan seperti balap motocross, turnamen kuda, lomba masak jamur, parade, dan obral barang bekas.
 
Festival babi di Prancis

Babi dijadikan objek utama dalam Festival La Pourcailhade di kota Trie-sur-Baise, Perancis. Berbagai jenis babi dipamerkan. Dan yang paling ditunggu adalah Le Championnat de France du Cri de Cochon, perlombaan di mana orang-orang harus meniru penampilan dan suara babi.
 


• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com