VIVALIFE

Cinta Laura Diperiksa di Imigrasi Jakarta Selatan

Sebagai blasteran Indonesia & Jerman, Cinta memiliki 2 kewarganegaraan
Kamis, 1 Agustus 2013
Oleh : Beno Junianto, Rizky Sekar Afrisia
Cinta Laura

VIVAlife - Aktris muda Cinta Laura diperiksa di kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Kamis, 1 Agustus 2013. Ia diperiksa terkait kepulangannya ke Indonesia untuk berlibur sekaligus bekerja sebagai artis. Itu disampaikan ibunda Cinta, Herdiana Kiehl saat dihubungi VIVAlife melalui Blackberry Messenger. Ia menuturkan, sekitar 30 menit Cinta diperiksa sekaligus diberikan penjelasan di kantor Imigrasi Jaksel.

"Sudah jelas masalahnya. Hanya salah pengertian saja, dikira Cinta nggak punya paspor Indonesia lagi," tulis Herdiana.

Seperti diketahui, sebagai blasteran Indonesia dan Jerman, Cinta memiliki dua kewarganegaraan. Ia juga memiliki dua paspor, Indonesia dan Jerman. Pelantun Tulalit itu menggunakan paspor Jermannya untuk bersekolah di Columbia University, New York selama dua tahun belakangan.

Rupanya, paspor itu pulalah yang ia gunakan untuk pulang ke Indonesia. Padahal, seorang berkebangsaan Jerman yang menggunakan paspor negara itu untuk masuk ke Indonesia membutuhkan VISA. Itu tidak dilakukan Cinta, karena dirinya merasa masih sebagai WNI. Alhasil, ia harus rela 'direcoki' petugas imigrasi. Namun, Herdiana melanjutkan, pihaknya memiliki semua berkas sebagai WNI sehingga Imigrasi Jaksel memahami persoalannya.

"Tadi diberikan penjelasan bahwa Cinta dengan affidavit (kewarganegaraan ganda) WNI yang dia miliki bisa masuk ke Indonesia tanpa VISA walaupun menggunakan paspor Jerman," ujar Herdiana menjelaskan.

Ia menuturkan, sekitar 30 menit putrinya diperiksa sekaligus diberi penjelasan oleh petugas imigrasi. Melalui ibundanya Cinta mengaku, ia diperlakukan dengan ramah dan kooperatif.

"Imigrasi Indonesia sekarang sangat profesional dan membantu memberikan penjelasan yang sangat baik. Tidak mempersulit sama sekali," katanya. (eh)

TERKAIT
    TERPOPULER