« Kembali
Bermain dengan Burung Lori di Taman Burung Yogya
Nantinya juga ada penguin dan burung flamingo.
Arfi Bambani Amri, Daru Waskita (Yogyakarta)
Sabtu, 27 Juli 2013, 16:19 WIB
Burung Lori merah di Gembira Loka Yogyakarta (VIVAnews/ Daru Waskita)
Burung Lori merah di Gembira Loka Yogyakarta (VIVAnews/ Daru Waskita)

VIVAlife - Menjelang dioperasikannya Taman Burung Gembira Loka Zoo (GLZoo) Yogyakarta,  para perawat atau petugas taman burung setempat kini tengah mengupayakan agar ratusan burung lori  di sangkar interaksi  bisa jinak dengan manusia. Burung-burung jenis paruh bengkok berbulu menarik itu nantinya bisa berinteraksi dengan pengunjung.

Para petugas kebun binatang melatih burung-burung berwarna cerah itu dengan  memberi makan sejenis bubur di dalam mengkuk.  Di sangkar burung seluas 12  x 8 meter ini nantinya pengunjung bisa berinteraksi dengan burung-burung cantik  tersebut.

Bird Pard GLZoo yang dibangun di atas  lahan seluas 4.500 meter persegi ini menelan dana  sebesar Rp 3,5 miliar. Selain kandang burung interaksi,  juga ada kandang burung lain bentuk dome atau kubah besar yang sudah terisi burung-burung lokal bermacam jenis. Sedangkan  di kolam berlatar bangunan gua dilepas sejumlah bebek mandarin.

Kemudian di kandang berkaca terdapat burung pecuk atau komoran. Burung yang pandai menyelam untuk mencari ikan ini  memang lebih sering berkeliaran di  sekitar pantai. Nantinya di samping kandang komaran ini ditempatkan kandang berkaca yang sepenuhnya ber-AC untuk koleksi burung penguin.

Direktur  Utama GLZoo,  KMT. A.Tirtodiprojo, ketika ditemui di kantor kerjanya mengatakan,  pihaknya akan melengkapi taman burung tersebut dengan koleksi penguin dan flamingo, namun hingga kini kiriman dari luar negeri belum tiba. “Kami masih menunggu datangnya burung penguin dari Singapura, dan juga flamingo. Yang jelas Taman Burung GLZoo sudah siap dinikmati pengunjung pada Lebaran nanti,” katanya, Sabtu 27 Juli 2013.

Lebih lanjut Tirtodiprojo menyatakan ratusan burung yang jinak ini diharapkan menjadi daya tarik wisata tersendiri khususnya anak-anak yang dapat bermain dengan ratusan burung. “Ratusan burung lori akan menjadi wahana permainan sendiri bagi anak-anak,” katanya. (eh)
• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com