VIVALIFE

Sidang Isbat Penentuan Puasa Digelar Sore Ini

Seluruh umat Islam diminta untuk bersabar menunggu pengumuman.
Senin, 8 Juli 2013
Oleh : Eko Priliawito
Petugas rukyat meneropong posisi hilal
VIVAnews - Pemerintah melalui Kementerian Agama bersama dengan ulama dan pimpinan organisasi Islam akan menggelar sidang isbat atau penetapan dimulainya 1 Ramadan 1434 Hijriah tahun 2013 hari ini, Senin, 8 Juli 2013.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama, Zubaidi, menyampaikan agar seluruh umat Islam Indonesia, termasuk pengurus masjid dan panitia kegiatan Ramadhan untuk bersabar menunggu pengumuman.

"Masyarakat diminta untuk bersabar menunggu pengumanan awal Ramadan. Rapat akan mulai digelar pada pukul 16.30 WIB sampai selesai," katanya kepada VIVAnews.

Dijelaskan Zubaidi, titik pengamatan yang berada di seluruh provinsi di tanah air sudah disiapkan untuk melakukan rukyat atau pengamanatan hilal. "Seluruh provinsi ada dan jumlahnya berbeda-beda. Di Jawa Timur saja ada 15 titik pengamatan," katanya. 

Pengamatan akan dilakukan saat waktu pengamatan sudah bisa dilaksanakan atau menjelang matahari tenggelam. Laporang paling awal yang masuk dipastikan dari wilayah Indonesia timur dan yang terakhir dari Aceh.

"Umat islam dapat melakukan puasa dengan hikmat setelah pemerintah menetapkan awal puasa. Bila ada perberbedaan, seluruh umat Islam dapat dengan bijaksana memahaminya. Perbedaan jangan sampai  mengurangi persaudaraan dan ukuwah umat," katanya. (eh)
TERKAIT
TERPOPULER