« Kembali
Lima Resep Alami Pereda Batuk
Minum obat bukanlah satu-satunya solusi untuk menyembuhkan batuk.
Mona Indriyani
Selasa, 2 Juli 2013, 16:05 WIB
Batuk kerap datang di cuaca yang tak menentu. (Telegraph)
Batuk kerap datang di cuaca yang tak menentu. (Telegraph)

VIVAlife -Batuk merupakan jenis penyakit ringan, tapi meresahkan. Apalagi ketika cuaca sedang tidak stabil seperti akhir-akhir ini.

Sebagian besar dari kita tahu seperti apa rasanya ketika batuk datang tiba-tiba. Mengganggu aktivitas, menjengkelkan dan menyakitkan, terutama di saat malam menjelang tidur.

Minum obat bukanlah satu-satunya solusi untuk menyembuhkan penyakit Anda. Ada 'ramuan' obat batuk dari bahan alami yang bisa Anda coba di rumah.

Melansir Healt.india.com, berikut ini adalah zat alami yang dapat Anda coba di rumah untuk menghilangkan bunyi "uhuk..uhuk..uhuk!"

Air hangat dan garam
Saat Anda mulai merasakan nyeri di tenggorokan, segeralah membuat larutan garam dan air hangat. Garam dalam air dapat membantu mengalirkan kelebihan cairan di daerah yang meradang di tenggorokan. Menurut buku klinik Mayo dari pengobatan rumah, berkumur juga menghilangkan iritasi di tenggorokan dan mengencerkan lendir.

Konsumsi santapan yang hangat
Minum air hangat adalah cara yang baik untuk menenangkan peradangan di tenggorokan. Sebuah sup hangat adalah solusi yang jauh lebih baik dibandingkan segelas teh herbal panas.

Madu
Sejak dulu, madu telah dikenal untuk menenangkan tenggorokan teriitasi lapisan dan mengurangi batuk. Sebuah studi yang dilakukan di Penn State School of Medicine pada anak di atas usia 2 tahun menunjukkan, madu membantu mereka batuk kurang dan tidur lebih baik.

Jahe

Untuk batuk kering, salah satu cara termudah untuk menemukan bantuan adalah untuk memotong satu ruas jahe segar, taburi sedikit garam di atasnya dan mengunyahnya selama beberapa menit.

Bawang putih

Bawang putih merupakan cara yang efektif antimikroba dan ekspektoran. Yang membuat agen yang berharga untuk melawan batuk. The University of Maryland Medical Center menunjukkan, bawang putih dapat membantu mencegah pilek dan mengurangi gejala batuk. (eh)

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com