« Kembali
Jakarnaval 2013, Jokowi Berkostum Betawi dan Naik Kuda
Ratusan peserta dilibatkan dalam acara perdana di Jakarta ini.
Beno Junianto, Fajar Sodiq (Solo)
Selasa, 18 Juni 2013, 17:11 WIB
Jokowi di Karnaval Solo. (Vivanews/Fajar Sodiq (Solo))
Jokowi di Karnaval Solo. (Vivanews/Fajar Sodiq (Solo))

VIVAlife - Jakarnaval 2013 bakal digelar Minggu 30 Juni 2013 mendatang, dengan melibatkan ribuan peserta. Gubernur DKI Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja tak mau ketinggalan untuk ikut serta dalam pawai budaya ini.

Koordinator program Jakarnaval 2013, Heru Prasetya kepada VIVAlife, Selasa 18 Juni 2013, memastikan bahwa dua pemimpin Ibukota tersebut akan ikut dalam kirab. Meski demikian, ia belum bisa menjelaskan lebih detail perihal kostum yang akan dikenakan.

"Namun yang pasti, beliau (Jokowi-Ahok) akan mengenakan pakaian khas Betawi. Mereka juga direncanakan akan menaiki kuda dalam kirab ini. Nanti, kostumnya pokoknya kejutan. Untuk saat ini masih dirahasiakan," ujar Heru.

Lanjut Heru, Jakarnaval tahun ini bakal menyajikan suguhan karya kostum dari 500 pelajar dari seluruh sekolah di Jakarta. Para pelajar tersebut diberi materi dan workshop selama tiga bulan untuk mendesain kostum yang akan mereka pamerkan saat Jakarnaval nanti.

"Selain para pelajar juga nanti kita mengundang komunitas kesenian di berbagai belahan kota Jakarta. Jakarnaval juga akan diikuti oleh komunitas kesenian dari berbagai daerah di Nusantara," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Artistik Jakarnaval 2013, Bambang Besur, mengatakan bahwa konsep Jakarnaval berbeda dengan Solo Batik Carnival atau Jember Fashion Carnival.

Menurutnya, Jakarnaval yang bertema ondel-ondel ini lebih mengakomodir bahan kostum dari alam seperti mendong, alas tikar, dan sejenisnya. Sebagai material dasarnya adalah batik motif khas Betawi.

Menurut rencana, Jakarnaval ini akan melewati rute kirab sejauh tiga kilometer. Yakni dari Balaikota hingga Monas. (asp)

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com