« Kembali
Menguak Situs Wisata Terkubur di Bangladesh
Termasuk kota masjid yang sempat hilang berabad-abad.
Wuri Handayani, Tasya Paramitha
Sabtu, 18 Mei 2013, 12:29 WIB
Taman Nasional Lawachara. (Wikipedia)
Taman Nasional Lawachara. (Wikipedia)

VIVAlife - Mungkin Anda tak pernah membayangkan berkunjung ke negara yang satu ini. Bangladesh. Negara yang berbatasan dengan India, Myanmar, dan Teluk Benggala ini memang masih samar terdengar sebagai pilihan kunjungan wisata. 

Namun, bukan berarti Bangladesh tidak memiliki daya tarik wisata. Justru Bangladesh menyimpan sederet keindahan tersembunyi. Mau tahu apa saja?

1.Cox's Bazar

Pantai dengan nama yang cukup aneh ini merupakan pantai alami terpanjang di seluruh dunia. Pasir pantainya berwarna keemasan saat tertimpa cahaya matahari. Air lautnya yang biru membentang begitu indah. Daerah pantai ini diharapkan warga Bangladesh akan segera dipenuhi turis karena beberapa hotel internasional direncanakan akan segera dibangun dalam waktu dekat.

2. Sundarbans

Objek wisata lain di Bangladesh yang tak boleh dilewati adalah Sundarbans. Taman nasional yang memiliki hutan bakau terbesar di dunia dan sudah ditetapkan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Sundarbans memiliki luas sekitar 1.600 mil persegi dan terletak di teluk Bengal memanjang hingga Bengal Barat. Taman nasional ini merupakan rumah harimau Bengal yang termasuk spesies langka.

3. Air Terjun Nafakhum

Di Bangladesh, air terjun terbesar adalah air terjun Madhabkunda, namun air terjun Nafakhum disebut-sebut jauh lebih indah dan mempesona. Untuk mencapainya, Anda membutuhkan waktu tiga jam dari Remakri, menggunakan kapal melewati sungai Sangu.

Di air terjun Nafakhum, Anda dapat melihat ikan terbang yang hidup di gua, di bawah air terjun. Anda juga dapat berenang santai di kolam alami yang ada di tempat ini.

4. Kebun teh Srimangal

Kebun teh ini yang terletak di daerah Sylhet ini merupakan salah satu area menakjubkan di Bangladesh. Bermil-mil tanaman teh tumbuh menghiasi dataran perbukitan. Terdapat lebih dari 150 kebun teh, termasuk tiga terbesar di dunia yang berada di Srimangal.

5. Somapura Mahavihara

Bangladesh juga terkenal dengan beberapa situs arkeologi yang memukau. Salah satunya Somapura Mahavihara. Vihara Budha terbesar di Bangladesh. Kemegahannya membuat vihara ini ditetapkan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Dibangun antara tahun 781-821, bangunan asli vihara ini sempat ludes terbakar pada abad ke-11. Namun dibangun kembali pada abad berikutnya. Somapura Mahavihara juga sempat mengalami penolakan karena pada zaman itu semakin banyak muslim yang masuk ke negara ini.

6. Taman Nasional Lawachara

Taman nasional ini merupakan hutan hujan tropis yang begitu indah. Lawachara juga terkenal sebagai tempat tinggal berbagai jenis primata dan Hoolock Gibbon. Di dunia, Hoolock Gibbon hanya tersisa sebanyak 60 dan mayoritas hidup di Lawachara.

Tempat ini juga pernah menjadi lokasi syuting film Around the World in 80 Days. Tak hanya itu, Lawachara juga menjadi lokasi eksplorasi minyak dan Gas oleh Chevron yang menimbulkan kontroversi.

7. Bagerhat

Bagerhat dikenal dengan sebutan Mosque City atau Kota Masjid dan sempat menjadi kota yang hilang karena ditutupi oleh tanaman selama berabad-abad. Situs ini memiliki lebih dari 50 monumen Islamik dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1983.

Salah satu tempat yang memiliki pemandangan luar biasa ialah Masjid Gombuj yang memiliki sebanyak 77 dom dan 60 pilar. Tak hanya itu, ada pula makam Jendral Ulurgh Khan Jahan, pria asal Turki yang menemukan kota ini pada abad ke-14 dan dikenal dengan sebutan Khalifatabad.

8. Benteng Lalbagh

Benteng yang satu ini berdiri di Dhaka, ibu kota Bangladesh yang saat ini berkembang menjadi kota modern dengan tetap memiliki bangunan kolonial tua. Benteng Lalbagh merupakan benteng yang tadinya dibangun untuk membuat kompleks Mughal Palace Fortress dari abad ke-17. Keindahan benteng ini disebut-sebut hampir menyerupai Taj Mahal. (eh)

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com