« Kembali
Batik Unik Sambut Musim Panas di Jerman
Mengusung Wonderful Indonesia dengan kostum bambu.
Wuri Handayani, Fajar Sodiq (Solo)
Selasa, 23 April 2013, 11:34 WIB
Salah satu karya Red Batik Solo.  
Salah satu karya Red Batik Solo.  

VIVAlife - Karya Red Batik Solo bakal melenggang di Hanover, Jerman, 30 Mei hingga 2 Juni mendatang. Kostum ini berkesempatan pamer wajah di sebuah acara musim panas Landpartie Schloss Buckeburg.
 
Heru Mataya, Program Director Red Batik Solo mengatakan, dia akan mengusung konsep eksplorasi batik baru. Memanfaatkan bambu dan rotan sebagai bahan utama kostumnya. "Kami berangkat tanggal 28 Mei mendatang, membawa empat orang dengan delapan karya," ungkap Heru kepada VIVAlife.
 
Heru sengaja memanfaatkan rotan dan bambu, karena Indonesia kaya akan hutan kayu dan rotan. Ini yang kemudian mendorong komunitas Red Batik Solo ingin membuktikan bahwa hasil hutan mampu dijadikan sebuah kostum batik yang memiliki nilai estetis.

Sebelumnya, komunitas ini lebih dikenal dengan karya kostum yang terbuat dari berbagai pernik dan perabotan dapur.
 
Cristian Bradach, salah satu panitia memaparkan jika keterlibatan mereka merupakan undangan. Dari tim Indonesia, panitia mengundang 30 orang seniman yang bakal mengusung tema Wonderful Indonesia.
 
"Acara rutin tahunan ini sengaja digelar sebagai ajang pengenalan dan pertunjukan masing-masing budaya. Budaya dari Jerman dan Prancis juga pernah ambil bagian," jelas Bradach.
 
Penyelenggara sengaja mengajak tim Indonesia dengan pertimbangan potensi budaya yang beragam. Sarat dengan eksplorasi dan kreativitas. (art)
• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com