« Kembali
Drama Musikal Gita Cinta, 'Romeo dan Juliet' Ala Indonesia
Kisah cinta terlarang antara Galih Rangkasiwi dengan Ratna Suminar.
Ita Lismawati F. Malau, Heryu Nandiasa
Kamis, 18 April 2013, 07:48 WIB
Teater Musikal Gita Cinta (musikal)
Teater Musikal Gita Cinta (musikal)

VIVAnews - Drama ngetop tahun 1980-an, 'Gita Cinta' kembali dibuat versi musikal untuk yang kedua kalinya. Setelah sukses di tahun 2010, ArtSwara menampilkan kembali 'Drama Musikal Gita Cinta'. Sutradara muda, Adjeng MJ membuat drama ini dengan sedikit perubahan namun tak mengurangi cerita asli yang diadaptasi dari novel karya Edy D Iskandar itu.

Gita Cinta merupakan kisah cinta terlarang antara Galih Rangkasiwi dengan Ratna Suminar. Galih lelaki sederhana yang pandai, jago bermusik, dan berpuisi. Sedangkan Ratna, murid baru gadis cantik dan kaya raya.

Di sekolahnya mereka bertemu dengan teman-teman dan guru-guru yang unik. Ratna kemudian berteman dengan Mimi, Bimbi, Elin, dan Jesicca. Selain itu, ada guru yang unik seperti guru Sejarah yang mendalami sejarah cinta.

Ratna yang cantik menjadi rebutan cowok-cowok di sekolahnya. Di antaranya Anto, pentolan sekolah yang ditakuti teman-teman sekolahnya. Namun, Ratna justru jatuh hati pada Galih. Dan Galih pun demikian, hanya saja ia tak berani karena ada perbedaan sosial. Dengan bantuan teman-temannya, Galih dan Ratna pun berhubungan.

Mengetahui hal itu, Ayah Ratna sangat menentang hubungan mereka. Ia bahkan sudah menjodohkan Ratna dengan lelaki pilihannya. Galih pun berusaha dan berjanji setia menunggu hingga Ratna bisa kembali padanya.

Pementasan 'Drama Musikal Gita Cinta' yang digelar di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki itu disajikan dengan apik meski tak banyak memakai artis terkenal, namun kualitas para pemain patut diapresiasi. Adegan demi adegan mengalir dengan alunan musik Dian HP yang sangat mendukung.

Beberapa adegan disajikan dengan liberato atau dinyanyikan, namun ada juga dialog biasa. Menurut Dian, ia ingin membuat musik yang sesuai dengan jiwa anak muda.

"Ketika baca skenario Gita Cinta, secara otomatis keluar ide, bagian ini bagusnya dinyanyikan atau bagian ini dialog biasa. Tahun 2010, semua menyanyikan dialog-dialog itu 100 persen. Mengenai melodi, aransemen, mereka membebaskan banget, tapi saya punya pagar sendiri, Gita Cinta ini untuk SMA, sebisa mungkin dekat dengan jiwa anak muda."

Lagu-lagu yang ditampilkan pun, Dian menambahkan ada beberapa yang ia buang atau tidak sama seperti di tahun 2010. Dan ada penambahan lagu-lagu baru dengan membuang beberapa lagu lama. "Karena ini musikal, jadi saya masukin potongan-potongan baru," jelasnya.

Selain menonjol dari segi musikal, penonton juga dimanjakan dengan setting yang apik. Semua dibuat dengan serius dan detail. Penonton bisa dengan nyaman menonton pertunjukan selama 2 jam itu tanpa terganggu dengan pergantian latar belakang, karena semua dikerjakan dengan sangat mulus.

Pementasan 'Drama Musikal Gita Cinta' digelar di GBB, TIM berlangsung selama 4 hari yaitu, Kamis - Jumat, 18-19 April 2013 pukul 20.00 WIB, dan tanggal 20-21 April 2013 pada pukul 15.00 WIB dan 20.00 WIB.

Tiket dijual dengan harga Rp750 ribu (platinum), Rp550 ribu (gold), Rp350 ribu (silver), Rp250 ribu (balkon1), dan Rp150 ribu (balkon 2). (adi)
• VIVAlife   |   Share :  
Resep terkait
  • FOTO: Ekspresi Puisi Esai dalam Pertunjukan Wayang

  • FOTO: Nyanyian Sunyi Mantan Tahanan Politik 1965

  • FOTO: Atiqah Hasiholan Jadi PSK di Panggung Teater


Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com