« Kembali
Lotus Birth, Persalinan Alami yang Kian Populer
Tali pusar janin tak langsung dipotong, dibiarkan terlepas sendiri.
Mutia Nugraheni, Anda Nurlaila (Bogor)
Jum'at, 12 April 2013, 15:40 WIB
Ibu hamil (88db.com)
Ibu hamil (88db.com)

VIVAlife - Persalinan secara alami semakin banyak dipilih para calon ibu untuk melahirkan buah hatinya. Salah satu persalinan alami yang mulai banyak dilirik adalah lotus birth.

Umumnya, usai persalinan, tali pusar bayi langsung dipotong. Namun, metode lotus birth akan membiarkan plasenta menempel pada bayi hingga mengering dan terlepas sendiri.

Menurut beberapa ahli, tak memotong tali pusar adalah metode kelahiran alami terbaik bagi bayi. Menurut bidan ternama asal Texas, AS, yang juga pendukung gerakan lotus birth, Mary Ceallaigh, butuh waktu tiga hingga 10 hari hingga tali pusar terlepas sendiri.

Kepada Foxnews, Ceallaigh menyatakan, membiarkan tali pusar bayi putus sendiri akan menguatkan ikatan emosional antara ibu dan anak. Selain itu, plasenta merupakan sumber darah bagi bayi yang kaya zat besi, oksigen, dan sejumlah enzim yang dibutuhkan tubuh bayi.

Studi pada 2010 menemukan, menunggu beberapa menit hingga plasenta tak lagi berdenyut sebelum memotongnya, memungkinkan sel induk masuk ke tubuh bayi.

Ceallaigh menambahkan, sebenarnya, dengan perawatan yang benar, plasenta takkan menimbulkan aroma menyengat. Memberi garam dan beberapa rempah serta menggunakan kain penutup kering pada plasenta tidak akan menimbulkan aroma menusuk. Ibu tetap bisa menggendong bayi sambil membawa plasenta.

"Kelahiran dengan metode lotus aman, karena tidak ada luka akibat memotong tali pusar. Sekitar lima persen pasien yang saya tangani memilih persalinan lotus," ungkapnya. (art)
• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com