VIVALIFE

8 Lokasi Syuting Drama Korea Jadi Tujuan Wisata

Serial drama mampu mendongkrak tingkat kunjungan wisata.
Jum'at, 5 April 2013
Oleh : Maya Sofia
Pemandangan rumah yang menjadi lokasi syuting serial Full House.

VIVAlife - Dalam beberapa tahun terakhir, Korea Selatan menjelma jadi destinasi wisata favorit di kawasan Asia. Melonjaknya jumlah pengunjung ke Negeri Gingseng ini tak lepas dari kesuksesan serial drama yang diputar di beberapa negara, seperti Taiwan, Filipina, dan Indonesia.

Selain menampilkan akting menawan sang aktor dan aktris, umumnya serial drama Korea menyuguhkan latar belakang pemandangan yang indah. Tengok saja serial drama Winter Sonata yang mengambil lokasi syuting di Pulau Nami. Dalam salah satu adegan, dua karakter utamanya, Jun Sang dan Yu Jin bersepeda menyusuri jalanan dengan hamparan daun-daun kering yang berguguran.

Kini, Pulau Nami menjadi salah satu objek wisata paling diminati di Korea. Sejumlah selebritas Tanah Air, seperti Anang Hermansyah, Ashanty, dan Syahrini bahkan tak ketinggalan menyambangi pulau yang terletak di kawasan Chuncheon ini.

Selain Winter Sonata, beberapa serial drama lainnya juga laris manis menjadi tujuan wisata favorit di Korea. Apa saja?

1. Princess Hours

Lokasi Syuting Princess Hours

Serial drama satu ini sukses mengangkat pamor empat bintang utamanya, yakni Yoon Eun Hye, Ju Ji Hun, Song Ji Hyo, dan Kim Jeong Hoon. Berkisah tentang seorang wanita dari golongan rakyat jelata yang dipersunting pangeran kerajaan, Princess Hours sukses memikat para penggemar.

Lokasi syuting Princess Hours pun menjadi objek wisata yang dituju para penggemar serial ini. Sebut saja gedung Yanggwan di Istana Unhyeongung, Duksung University, dan Teddy Bear Museum di Pulau Jeju.

Bagi Anda pecinta boneka teddy bear, Teddy Bear Museum adalah salah satu tempat yang patut di kunjungi. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai boneka teddy bear dari seluruh dunia.

2. Full House

Lokasi Syuting Full House

Siapa tak kenal dengan serial drama satu ini. Serial yang dibintangi Rain dan Song Hye-kyo tersebut sempat diputar beberapa kali di beberapa televisi swasta Tanah Air.

Sebagian besar adegan serial Full House diambil di sebuah rumah di Pulau Sido, Incheon. Rumah dengan cat dinding putih itu sengaja dibangun untuk keperluan syuting dan kabarnya memakan biaya hingga US$1 juta.

Usai syuting, rumah tersebut dibuka untuk umum sebagai salah satu objek wisata. Mereka yang ingin berkunjung ke rumah ini dikenakan tarif sebesar 5.000 won atau setara dengan Rp43 ribu untuk dewasa dan 3.000 won atau setara dengan Rp26 ribu untuk remaja.

3. Personal Taste

Lokasi Syuting Personal Taste

Bagi Anda penggemar Lee Min-ho tentunya sudah sangat akrab dengan serial Personal Taste. Serial yang tayang di Korea pada tahun 2010 lalu itu, sebagian besar mengambil lokasi syuting di Bukchon Hanok Village.

Bukchon Traditional Culture Center mencatat jumlah turis yang mengunjungi Bukchon Hanok Village hanya sekitar 30 ribu orang di tahun 2007. Namun, angka tersebut naik tajam setelah Bukchon Hanok Village tampil dalam Personal Taste dan acara televisi 1 Night 2 Days. Pada tahun 2010, jumlah pengunjung Bukchon Hanok Village mencapai 318 ribu dan diperkirakan akan terus bertambah setiap tahunnya.

4. Daejanggeum

Jeju Folk Village Museum

Serial yang juga dikenal dengan judul Jewel in the Palace ini tak hanya populer di kawasan Asia. Serial yang berkisah tentang wanita yang menjadi kepala dokter atau tabib untuk raja pada era Dinasti Joseon itu juga populer di negara-negara Barat.

Serial Daejanggeum mengambil lokasi syuting di Korean Folk Village, Naganeupseong, Istana Hwaseong Haenggung, dan Istana Changdeokgung. Banyak adegan dari epiosde 27-32 Daeganggeum menggunakan lokasi Jeju Folk Village sebagai lokasi syuting. Salah satunya adalah ketika Jang Geum mulai mempelajari ilmu kedokteran.


Bersambung...

TERKAIT
TERPOPULER