VIVALIFE

Kesalahan Komunikasi Ini Bisa Berujung Perceraian

Ada empat kesalahan yang patut Anda hindari. Apa saja itu?
Kamis, 4 April 2013
Oleh : Mutia Nugraheni
Pasangan bertengkar.
VIVAlife - Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting untuk keberhasilan hubungan. Namun sayang, komunikasi efektif kadang sulit diaplikasikan dalam hubungan asmara. Malah kadang jadi pencetus hancurnya jalinan percintaan.

Momen paling tepat untuk mendeteksi apakah komunikasi berjalan lancar atau tidak adalah ketika Anda dan pasangan dihadapkan oleh jarak. Kondisi itu akan memperlihatkan bagaimana gaya komunikasi Anda. Bisa jadi cukup lancar atau sebaliknya, berakhir dengan pertengkaran.

Efek terburuk dari komunikasi yang salah adalah perpisahan. Agar Anda dan pasangan tak terjebak dalam masalah komunikasi, sebaiknya hindari empat kesalahan ini.

1. Tak bercerita secara utuh
Sangat tipis beda kelalaian dan kebohongan. Mungkin bermaksud hati menutupi hal kecil, tapi pasangan jadi tak mendapat informasi secara lengkap. Taruhannya adalah kepercayaan.

Ketika ketahuan akan sangat sulit mengembalikan level kepercayaan yang sama dan ini berpotensi menciptakan jarak serta konflik. Jika Anda memang ingin menceritakan sesuatu, pastikan pasangan mendapat cerita utuh dan jujur.

2. Kritikan tanpa henti
Kritikan membangun memang baik. Tapi, jangan sampai Anda melontarkan kritik yang membuat pasangan selalu merasa salah. Ketika Anda merasa tak suka dengan hal atau tindakan yang dilakukan pasangan, sebaiknya sampaikan sebagai keluhan bukan sebagai kritikan. 

3. Tak mendengarkan

Menghargai adalah kunci keberhasilan hubungan. Dan hal tersebut tak bisa muncul tanpa saling mendengarkan. Semarah apa pun cobalah dengarkan alasan pasangan. Hal ini akan membuat Anda memiliki sudut pandang lain.

"Banyak pasangan yang menghakhiri hubungan karena salah satu mencari kebenaran dibandingkan kenyamanan dalam hubungan. Untuk itu, mulailah untuk membuka pikiran dan berhenti menilai pasangan dengan hal buruk," kata Virginia Clark, seorang pakar hubungan, seperti dikutip dari Bable.com.

4. Tak mengungkap perasaan
Umumnya seseorang dengan sikap ini, kerap marah tanpa sebab pada pasangannya. Pada dasarnya, ia menyimpan rasa bingung atau sulit untuk mengungkapkannya. Jangan heran jika akhirnya pasangan menilai Anda adalah seorang yang ke kanak-kanakan.

Berhenti memikirkan hal negatif. Bersikaplah tenang saat meminta apa yang Anda inginkan, jelaskan atau bahas langsung bagaimana perasaan Anda. (art)
TERKAIT