« Kembali
Gigi Berlubang Picu Gangguan Jantung?
Gigi berlubang menjadi tanda adanya kuman yang bersarang dalam mulut.
Mona Indriyani, Stella Maris
Selasa, 26 Maret 2013, 15:33 WIB
Sikat gigi secara rutin hilangkan plak. (istockphoto)
Sikat gigi secara rutin hilangkan plak. (istockphoto)

VIVAlife - Kesehatan gigi merupakan investasi masa depan. Oleh karena itu perawatan rutin sangat dianjurkan. Selain menghindari gigi berlubang, gigi yang sehat juga  berfungsi sebagai pencegahan radang otot jantung.

Sebab dari penelitian, penyakit jantung bukan hanya disebabkan oleh gangguan trombosit, tapi juga kuman yang berasal dari gigi. Jika ada infeksi pada gigi, artinya ada kuman dalam mulut. Melalui pembuluh darah kuman dapat menyerang organ-organ vital dalam tubuh, salah satunya jantung.

"Radang otot jantung dapat terjadi karena gigi berlubang yang tak ditambal, akibatnya gigi mengalami abses yang menyebabkan enzim dalam gigi meningkat tinggi," kata dokter Spesialis Penyakit Dalam, Tengku Bahdar Johan, saat diteui di kawasan Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kebiasaan membiarkan gigi berlubang banyak terjadi pada usia diatas 35 tahun. Umumnya gigi mereka sudah sensitif. Berdasarkan survei yang dilakukan  ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia, drg Zaura Rini, MDS, hampir 50 persen orang tak berbuat apa-apa ketika mengalami masalah pada giginya.

Meski terlihat sepele, tapi kondisi inilah yang membuat seseorang rentan terhadap penyakit. Tak hanya radang otot, tapi juga alergi yang berujung pada biduran.

"Sekitar 60 persen pasien yang berobat ke rumah sakit mengalami kelainan sistemik urtikaria (biduran) akibat karies gigi yang tak ditangani dengan baik," kata Tengku Bahdar.

Biduran muncul karena adanya infeksi pada gigi berlubang, tambalan gigi lepas, atau banyaknya plak dan karang gigi. Jika hal ini  sering terjadi akan berpengaruh pada sistem imun tubuh, sehingga rentan pada peningkatan alergi.  (umi)


• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com