VIVALIFE

Intip Penghasilan Manajemen Artis Korea Selatan

Penghasilan yang diraih naik drastis dari tahun sebelumnya.
Rabu, 6 Maret 2013
Oleh : Finalia Kodrati
Girls Generation atau SNSD
VIVAlife - Dunia hiburan Korea Selatan sedang naik daun. Para artis Korea, tak hanya jago kandang, mereka juga eksis di luar negeri. Hal itu berpengaruh dengan penghasilan yang diraih manajemen artis di Korea. Lantas, manajemen mana yang berhasil meraih penghasilan tertinggi?

Di Korea Selatan, bertaburan manajeman artis. Namun, ada tiga manajemen yang sangat terkenal dan besar. Diantaranya adalah SM Entertainment dan YG Entertainment. Dua manajeman besar tersebut, secara resmi merilis penghasilan mereka selama tahun 2012 ini. 

Sebagaimana dilansir dari Allkpop, sekali lagi SM Entertainment membuktikan diri sebagai manajemen artis terbaik dengan penghasilan tinggi. Selama 2012 ini, tercatat manajemen yang menaungi SNSD dan Super Junior ini, berhasil meraih pendapatan sebesar 168,5 miliar won atau US$154 juta atau setara dengan Rp1,4 triliun. Pendapatan itu meningkat sebanyak 53 persen dari tahun 2011 lalu. 

Mereka juga harus membayar gaji karyawan, artis dan biaya produksi dan lain-lainnya. Maka laba bersih yang diraih manajemen tersebut sebesar US$34 juta atau setara dengan Rp330 miliar.

Sementara itu, YG Entertainment juga mengalami pengingkatan yang drastis dalam penghasilan mereka di tahun 2012 lalu. Mereka mencatatkan meraih penghasilan sebesar 99,7 miliar won atau sekitar US$91 juta atau setara dengan Rp883 miliar. Total laba bersih manajemen artis yang menaungi Big Bang dan PSY ini sebesar US$15,6 juta atau setara dengan Rp151 miliar.

TERKAIT
TERPOPULER