« Kembali
Anwar Ibrahim: Film Habibie&Ainun Menyentuh Hati
SBY mengajak undangan mengheningkan cipta untuk mendiang Ainun.
Eko Huda S, Dwifantya Aquina
Senin, 17 Desember 2012, 19:50 WIB
Sejumlah tokoh hadiri pemutaran film perdana Habibie&Ainun (VIVAnews/ Muhamad Solihin)
Sejumlah tokoh hadiri pemutaran film perdana Habibie&Ainun (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews - Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, menghadiri pemutaran perdana film Habibie&Ainun di XXI Epicentrum, Taman Rasuna, Kuningan, Jakarta, Senin 17 Desember 2012. Anwar tak datang sendirian, dia mengajak istri, anak, menantu, dan cucunya.

"Saya datang atas undangan pribadi Pak Habibie," kata Anwar. Dia mengaku undangan itu disampaikan jauh sebelum ada kontroversi pernyataan mantan Menteri Penerangan Malaysia, Zainudin Maidin, tentang Habibie. "Kami berdelapan lalu datang ke sini sekarang."

Usai menonton film yang diangkat dari kisah nyata kehidupan mantan Presiden RI ke-3 ini, Anwar mengaku sangat terharu sekaligus bangga. Ia memuji karya anak bangsa Indonesia ini. Dia juga berharap film ini dapat menjadi pelajaran bagi khalayak luas.

"Film ini sangat menyentuh perasaan, tontonan yang baik, banyak ajaran yang baik. Walaupun tidak mudah pertahankan prestasi Habibie sebagai suami tapi umumnya dia baik, pecinta, kuat, kepala negara hebat," ujar Anwar.

Anwar juga mengaku telah lama menerima dan menonton preview film Habibie&Ainun ini. Bahkan, saat Habibie datang ke Selangor, Malaysia, preview film ini juga telah dipertontonkan. "Tanggapan rakyat disana baik. Mereka anggap penguasa yang arogan itu tidak harus mewakili rakyat Malaysia. Rakyat paling tidak senang dengan arogansi. Tidak mewakili watak Malaysia, Melayu, tidak sopan, keji, itu jelek," tuturnya.

Kesan SBY

Dalam kesempatan ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta ratusan tamu undangan yang hadir untuk mengheningkan cipta. Ia meminta seluruh masyarakat mendoakan mendiang Ainun Habibie agar senantiasa tenang disisi Allah.

"Bapak Habibie, hadirin sekalian yang saya hormati, sebelum saya sampaikan satu dua patah kata, pada kesempatan yang baik namun penuh rasa haru ini, saya minta semuanya untuk mengheningkan cipta dan berdoa kepada ibu Ainun semoga beliau hidup tenang disisi Allah," SBY.

Dalam sambutannya, SBY mengatakan dirinya memiliki kesan yang mendalam terhadap Habibie dan Ainun. Ia menilai film yang mengisahkan perjalanan hidup Habibie dan Ainun penuh pembelajaran, nilai-nilai yang patut dicontoh, diketahui dan diteladani oleh siapapun.

"Kita bisa lihat nilai-nilai yang diwariskan oleh ibu Ainun dan pak Habibie. Saya mulai dari teladan pak Habibie dan Ainun, jalan hidup hingga akhir pasangan penuh kasih sayang, caring, sharing, saling memperkuat sampai saat-saat terakhir ibu dipanggil Allah SWT," tuturnya. (adi)

• VIVAlife   |   Share :  
  • justgue
    18/12/2012
       Laporkan
    bravo....bravo tokoh idola gw difilmin...nonton aaaahhhh....

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com