VIVALIFE

Cantik & Awet Muda dengan Vampire Facelift

Ditemukan cara baru selain Botox dan operasi plastik.
Rabu, 26 September 2012
Oleh : Finalia Kodrati, Tasha Prajna
Suntik Botox

VIVAlife - Apakah Anda pernah berpikir untuk melakukan facelift namun tidak tahan dan takut dengan Botox atau operasi plastik? Saat ini ditemukan cara baru selain Botox dan operasi plastik untuk melakukan facelift. Yakni dengan menyuntikkan darah sendiri kedalam pembuluh darah yang terdapat di wajah.

Prosedur yang disebut dengan vampire facelift ini melibatkan serangkaian proses seperti mengambil sampel darah dari lengan pasien dan memasukkannya melalui mesin yang memisahkan trombosit yang terkandung di dalamnya. Trombosit merupakan fragmen kecil dari sel-sel yang beredar dalam darah dan penuh dengan hormon dan protein.

Mereka bertanggung jawab untuk membekukan darah ketika tubuh Anda terluka atau memar. Tak hanya itu, fragmen kecil tersebut juga memiliki konsentrasi tinggi untuk merangsang kulit agar mampu memperbaiki dirinya sendiri. Trombosit yang telah dipisahkan tersebut kemudian disuntikkan ke wajah.

Prosedur ini telah menuai hasil yang mengesankan di Amerika dan sekarang sedang ditawarkan oleh sebuah klinik di Inggris. Taimur Shoaib, seorang konsultan ahli bedah plastik yang menawarkan pengobatan dalam tiga sesi, yang masing-masing membutuhkan biaya sebesar £ 400 di kliniknya La Belle Forme di Edinburgh. Klinik ini telah melakukan prosedur tersebut pada beberapa ratus pria dan wanita sejak peluncuran metode itu pada awal tahun ini.

"Prosedur ini dapat meremajakan dan memperbaiki kulit yang mati atau rusak karena polusi yang disebabkan oleh lingkungan. Prosedur ini juga sangat baik untuk kulit yang telah mengkerut dan rusak oleh sinar matahari atau karena kebiasaan merokok. Hal ini menarik bagi orang-orang karena prosedur ini menggunakan produk alami," katanya seperti dikutip dari Daily Mail.

Di klinik Bassim Matti di Harley Street, 28 pasien telah melakukan prosedur tersebut dan menghabiskan sebanyak £ 1.500 untuk serangkaian proses suntik di wajah. Reza Nassab, registrar dalam operasi plastik di klinik tersebut mengatakan setelah enam bulan, sebanyak 60 persen dari pasien merasa sangat puas dengan hasilnya.

"Pengobatan ini disebut PRP atau plasma kaya trombosit (platelet rich plasma), namun orang-orang menyebutnya vampire facelift. Trombosit memiliki faktor pertumbuhan dalam diri mereka. Ketika mereka disuntikkan ke wajah, faktor pertumbuhan tersebut akan merangsang kolagen dan hal-hal lain yang membantu untuk meremajakan dan meregenerasi kulit," ucapnya.

Transfusi trombosit telah lama digunakan dalam bedah rekonstruksi, namun ini adalah pertama kalinya mereka digunakan sebagai pengobatan kosmetik. Dalam percobaan pada tikus yang disuntik dengan platelet, ilmuwan menemukan kemampuannya berkonsentrasi tinggi meningkatkan jumlah serat kolagen di kulit dan memperbaiki kualitas kulit.

TERKAIT
TERPOPULER