VIVALIFE

Noel Gallagher: Bintang Rock Akan Mati

Industri musik tak lagi sama.
Selasa, 28 Agustus 2012
Oleh : Bonardo Maulana Wahono
Noel Gallagher

 

VIVAlife - Noel Gallagher dengan tegas menyatakan bintang yang menyinari para rocker takkan selamanya terang. Para musisi rock akan kesulitan menopang kehidupan serba gemerlapan akibat kekurangan penghasilan. 

Dinukil dari laman NME, pendiri Oasis dan High Flying Birds itu percaya industri musik telah berubah. Tak ada lagi hari-hari ketika pendapatan dari penjualan album begitu mudah didapatkan.   

"Bintang para pemusik rock akan redup dan mati karena takkan ada yang bisa menghasilkan banyak uang untuk [menjaga terangnya]. Industri musik kini tak lagi sama dengan yang dulu pernah kita kenal," ujarnya. 

Menurutnya, cara menjual musik seperti yang pernah terjadi pada tahun 1960an, dan bertahan selama lebih dari 30 tahun, tiba-tiba tak lagi bekerja dengan baik. Dan itu terjadi dalam waktu kurang dari 10 tahun. 

Pernyataan Noel ada benarnya. Sebab, kini pendulang dollar terbesar dari industri musik dunia agaknya para rapper dan DJ. Jika menilik data dari Forbes, Tiesto memiliki dompet paling tebal dengan US$22 juta (Rp209,2 miliar). Skrillex berada di bawahnya (US$15 juta - Rp142,6 miliar), diikuti oleh Swedish House Mafia (US$14 juta - Rp133,1 miliar).

 

TERKAIT
TERPOPULER