« Kembali
Spagehtti bolognese.  
Spagehtti bolognese.  

Koki Italia Bocorkan Rahasia Saus Bolognese
Oleh: Mona Indriyani

VIVAlife - Saus bolognese memang lekat hubungannya dengan spaghetti. Jenis saus ini memang cukup populer dibandingkan saus spaghetti lainnya, seperti carbonara, marinara, atau aglio olio. Kepopulerannya membuat resep saus sajian Italia ini mengalami perubahan. Hampir semuanya menyesuaikan dengan lidah penikmatnya.

Tak heran jika para koki di Italia sangat cemas dengan keberadaan cita rasa autentik dari saus bolognese. Meski mereka menggunakan pure tomat sebagai bahan utama, sebagian orang mengganti daging sapi dengan ayam atau kalkun.

Saus bolognese sendiri telah diproduksi secara masal sejak tahun 1982 di Bologna, Italia. Penasaran dengan rasa asli bolognese? Ini adalah bocoran resep saus bolognese yang diberikan langsung oleh koki Italia, seperti dilansir Telegraph.

BAHAN:
2 sdm minyak zaitun
6 lembar bacon, cincang kasar
2 buah bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
2 buah wortel, kupas, cincang halus
1 kg daging sapi giling
400 ml anggur merah (red wine)
800 g tomat cincang
1 batang celery, iris tipis  *)  
2 lembar bay leaf **)
Garam dan merica secukupnya
1 kg spaghetti
Keju parmesan untuk taburan

CARA MEMBUAT:
1. Panaskan minyak zaitun, masukkan bacon masak hingga berubah warna. Gunakan api sedang, tambahkan bawang bombay dan bawang putih masak hingga layu dan harum.

2. Masukkan wortel dan daging cincang, masak hingga cokelat. Tambahkan anggur merah, masak hingga air menyusut dan mengering.

3. Tambahkan tomat, potongan batang celery dan bay leaf. Masak selama 1 sampai 1,5 jam, hingga semua bahan matang dan tercampur rata. Masukkan garam dan lada, aduk rata dan masak hingga kuah mengental. Angkat.

4. Rebus spaghetti selama 10 menit dalam air mendidih, untuk mendapatkan tekstur al dente alias tidak lembek dan sudah tidak keras. Angkat dan sisihkan.

5. Penyajian: Susun spaghetti di atas piring saji, tuang saus di atasnya dan berikan taburan keju parmesan.

Selamat mencoba...

Keterangan:
*) Celery: Seledri berukuran besar dan memiliki batang yang tebal. Biasanya seledri jenis ini banyak dijumpai di supermarket. Jika tak ada tak usah dipakai.

**) Bay leaf: Banya orang mengira bay leaf adalah daun salam. Meski memiliki kesamaan aroma, namun mereka berasal dari daun yang berbeda. Bay leaf adalah daun bumbu yang banyak digunakan di masakan Eropa. Daun ini biasanya dijual dalam bentuk kering.

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..