« Kembali
Danau Pink, Sensasi Wisata Apung di Senegal
Kandungan garamnya yang tinggi membuat Anda tidak perlu takut tenggelam
Wuri Handayani, Tasya Paramitha
Selasa, 19 Juni 2012, 15:07 WIB
Danau Retba di Senegal, Afrika Barat (daily mail)
Danau Retba di Senegal, Afrika Barat (daily mail)

VIVAlife - Danau dengan air berwarna bening kehijauan atau bentangan air biru, itu sudah biasa. Kali ini kita akan melihat danau dengan air berwarna merah muda.

Retba Lake atau biasa disebut Lac Rose atau Pink Lake, terletak di sebelah utara Cap Vert, Peninsula. Atau tepatnya di sebelah timur laut dari ibu kota Senegal, Dakar.

Menurut penelitian para ahli, rona merah muda yang dimunculkan ini karena adanya cyanobacteria di dalamnya. Yakni bakteri halofilik yang tidak termasuk dalam golongan berbahaya. Gradasi warna merah muda ini sangat bergantung pada intensitas cahaya matahari. Terutama pada musim kemarau, Anda akan bisa menemukan keindahan gradasi warna merah yang indah ini.

Tidak saja merah muda, tapi air danau ini dapat berubah pada kisaran merah muda pekat, jingga, atau bahkan merah gelap, karena kandungan mineral dan klorin yang tinggi.


retba lake

Selain itu, danau Retba juga tersohor karena kandungan garamnya yang sangat tinggi. Hampir satu setengah kali lebih tinggi dari kandungan garam di Laut Mati. Terbayang, bagaimana Anda akan merasakan sensasi berlama-lama mengapung di sini.

Penduduk di sekitar danau pink ini, memanfaatkan kandungan garamnya sebagai usaha industri garam rumahan. Sebanyak 40 persen bagian danau ini memang terbentuk oleh garam.

retba lake

Biasanya, warga di sana menggunakan garam ini untuk melindungi kulit mereka dari matahari. Mereka menggosokkannya pada seluruh bagian tubuh. Garam ini akan dicampur dengan kacang shea untuk membuat beurre karate de, atau shea butter.

Karena keunikan yang dimiliki, danau ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi oleh para turis asing di Afrika. (eh)

 

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com