« Kembali
Resep Umur Panjang Manusia Tertua di Dunia
Ada yang mengaku awet muda lewat kebiasaan makan, hingga cinta kehidupan.
Anda Nurlaila, Rieke Saraswati
Rabu, 11 April 2012, 14:16 WIB
Diet dan gaya hidup jadi kunci umur panjang. (langitperempuan.com)
Diet dan gaya hidup jadi kunci umur panjang. (langitperempuan.com)

VIVAnews - Ucapan "semoga panjang umur" bukan sekadar kata-kata yang dihaturkan saat ulang tahun. Sebagian orang mendambakan umur yang panjang.

Dikutip dari Telegraph, Office for National Statistics di Inggris memperkirakan bahwa sepertiga dari seluruh bayi yang lahir pada tahun lalu mungkin bisa hidup sampai 2112. Jumlah manusia yang panjang umur akan meningkat menjadi hampir setengah juta pada 2050.

Apa rahasia untuk mencapai angka ajaib itu?
Kuncinya jelas adalah diet dan gaya hidup sehat. Tetapi, penelitian di University of Boston, yang diterbitkan awal tahun ini dalam jurnal ilmiah PLos One, menunjukkan bahwa faktor genetik mungkin lebih penting.

Dalam kata lain, pergi ke pusat kebugaran dan menjauhi burger memang baik, tetapi kesempatan Anda untuk sampai ke umur 100 juga tergantung pada orangtua atau kakek-nenek Anda. Ada beberapa manula yang panjang umur karena kebiasaan atau ‘nasib’.

Para pecinta kehidupan

1. Jeanne Calment
Ia adalah manusia tertua yang pernah ada, dan meninggal saat berusia 122 tahun. Semasa hidup Calment menghubungkan umur panjangnya dengan takaran minyak zaitun yang ia tuangkan pada makanannya. Ia juga terus aktif bersepeda hingga umur 90 tahun.

Meski demikian ia menyeimbangkannya dengan minum port, mengkonsumsi satu kilogram cokelat selama seminggu, dan merokok secukupnya sampai umur 117.

 
2. George Burns
Komedian dan penulis Amerika ini meninggal pada 1996, tak lama setelah ulang tahunnya yang ke-100. Ia merokok 10 sampai 15 cerutu setiap hari, bahkan sering disertai dengan martini. Yang lucu, ia pernah mendedikasikan salah satu bukunya untuk janda-janda dari enam dokter terakhirnya.

 
3. Queen Elizabeth
Ibunda dari Ratu Inggris ini hidup sampai umur 101. Dengan riang ia melanggar aturan medis dengan meneguk alkohol. Menurut beberapa perkiraan, 70 unit alkohol dia asup dalam seminggu—lima kali jumlah yang direkomendasikan untuk wanita. Minuman favoritnya adalah gin, Dubonnet, anggur merah dan sampanye.

 
Umur panjang karena genetik
 
1. Leni Riefenstahl
Sutradara Jerman ini terkenal dengan film-film propaganda Nazi di tahun 30-an. Ia juga tersohor karena stamina dan ketahanan fisiknya. Ia selamat dari kecelakaan helikopter pada umur 100, dan masih menyelam ketika ia meninggal pada 2003, di usia 101.

 
2. Henry Allingham
Korban terakhir Perang Dunia I ini merupakan manusia tertua di dunia sebelum kematiannya pada 2009, pada umur 113. Setelah menyaksikan kengerian perang, ia mengalami dua kerusakan syaraf tetapi ia tetap optimis. Ia sempat berseloroh bila ia berumur panjang karena rokok, wiski dan wanita.

 

Umur panjang karena kebiasaan

1.Christian Mortensen

Lelaki asal Skårup, Denmark, ini meninggal di California pada 1998 dengan umur 115. Ia menyimpulkan rahasia umur panjangnya dengan enam hal: teman, cerutu yang enak, banyak minum air, tidak minum alkohol, berpikir positif dan banyak bernyanyi. Bekas pengantar susu dan pekerja pabrik ini menjalani pola makan vegetarian, juga merebus semua air yang hendak ia minum.

 
2.Tane Ikai

Pada hari-hari biasa, orang tertua yang pernah ada di Asia ini makan bubur sebanyak tiga kali. Tip itu membuatnya mampu bertahan sampai umur 116. Ia meninggal pada tahun 1995.

 
3.Ada Marley

Nenek asal Oxfordshire yang merayakan hari ulang tahunnya yang ke-100 pada Januari lalu mengkombinasikan gaya hidup sehat dengan pikiran yang aktif. “Saya tidak pernah merokok atau mabuk, tapi saya menyibukkan diri dengan menjahit dan bordir,” ujarnya. Selain itu, ia mengisi teka-teki silang setiap hari.

 
4.Walter Breuning

Petugas kereta api Minnesota ini meninggal tahun lalu di umur 114. Setiap hari ia mempraktekkan sejenis senam yang berfungsi meningkatkan kekuatan tubuh. Dietnya terdiri dari sarapan besar diikuti dengan porsi kecil di hari berikutnya. Di usia senja, ia melewatkan makan malam dan makan buah-buahan sebagai penggantinya.

• VIVAlife   |   Share :  
  • yengkiyan8130
    11/04/2012
       Laporkan
    Aneh ya kok merokok Bisa panjang umur ya | via VIVAnews
  • nenek gw juga sdh 100 th lbh, skrg masih hidup. lihat org sdh agak gk jelas, tapi kalau ngaji masih tetap bisa lihat dg jelas tanpa pake kaca mata... | via VIVAnews

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com