« Kembali
NCC, Komunitas Kuliner Yang 'Rame'!
Bagi food lovers, yuk, gabung di komunitas satu ini. Dijamin Anda makin jago masak!
Petti Lubis
Kamis, 18 September 2008, 11:27 WIB
  (doc.NCC)
  (doc.NCC)

VIVAnews - Pernah merasa minder, karena tak bisa memasak? Anda bisa coba bergabung di Natural Cooking Club (NCC), tidak hanya menambah wawasan di dunia kuliner, Anda tapi juga bisa belajar memasak dari nol. “Sebagian anggota NCC memang sudah banyak yang bisa dibilang pakar di bidang boga, misalnya pemilik jasa catering atau resto. Tapi ada juga yang benar-benar ‘buta’ soal memasak.” ucap Fatma Bahalwan, perintis dan ketua NCC.  

Ajang komunikasi dan sosialisasi komunitas ini memang lebih banyak dilakukan di depan layar komputer, alias melalui dunia maya. Secara online, para anggota saling bertukar resep, berbagi pengalaman memasak, membahas jenis masakan, berbagi rahasia bumbu masakan atau bertukar peralatan memasak.

“Biasanya, kami akan membahas mengolah suatu masakan dengan cara mudah dan praktis. Konsep NCC adalah easy & fun. Contoh topik yang didiskusikan, di antaranya tentang memanggang brownies yang enak, mengolah dim sum atau tip membuat Japanesse Cheesecake agar tidak ‘bantat’. Ibaratnya, mendapat kursus memasak gratis!” tambah Fatma.

Saking banyaknya anggota (sekitar 5000-an), email yang masuk di milis bisa ratusan per hari. Uniknya, bila sebagian anggota sudah membuat masakan yang sempat menjadi topik, setelah dicoba, berhasil atau tidak, mereka akan menuliskan pengalaman secara detail. Bahkan, tak sedikit  dari mereka mencoba memodifikasi masakan asli. Alhasil, resep makanan karya para anggota pun bertambah. Karena resep makin banyak dan teruji ini, NCC berencana akan meluncurkan buku resep hasil karya mereka.

Karena itu, tak mengherankan, setelah tiga bulan menjadi anggota, mereka jadi jago memasak. Bahkan, banyak juga yang mencoba berbisnis makanan, seperti menjual kue-kue kering, cheesecake atau risol. Banyak yang berhasil, lho! Hanya bermodalkan mixer dan oven, sebagian anggota sudah bisa ‘mencetak’ uang.

Di samping ‘kursus’ masak gratis di milis, jika berniat mendalami menu tertentu atau teknik-teknik memasak, anggota juga bisa mengikuti kursus masak yang diadakan ketua klub. Karena profesi Fatma sebagai pengusaha catering dan sudah lebih berpengalaman memasak beragam menu, ia membuka kursus masak pada hari Sabtu. Salah satu topik kursus yang digemari adalah menghias kue dengan icing sugar. Menunya bisa bermacam-macam. Pendaftaran kursus diumumkan di milis. Siapa yang mau ikut, bisa daftar. Biaya kursus sekitar 100-300 ribu rupiah.

Selain ‘ngobrol’ di dunia maya dan kursus di hari Sabtu, komunitas yang terbentuk pada 2005 ini, juga sudah beberapa kali mengadakan acara kumpul bersama, istilahnya ‘kopi darat’. “Kami pernah menggelar acara ‘Tour d’Toko’, mengunjungi toko-toko bahan kue di Jakarta. Selain itu, kami juga pernah mengadakan ‘Tour d’Pasar’, menjelajahi Pasar Mayestik, pasar ikan dan toko-toko unik di Petak Sembilan di Glodok. Pokoknya, acaranya seru dan rame, deh!” kata Fatma sambil tertawa.

Anda tertarik? Gabung yuk di milis ini. Kirim email kososng ke naturalcookingclub-subscribe@yahoogroups.com
 

 

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com