« Kembali
Presenter Televisi Dilarang Make Up Tebal
Aturan di Afganistan itu sekaligus melarang wanita presenter tampil tanpa kerudung.
Pipiet Tri Noorastuti
Senin, 20 Februari 2012, 12:56 WIB
Wanita presenter televisi di Afganistan harus tampil berkerudung dengan make up tipis. (inmagine)
Wanita presenter televisi di Afganistan harus tampil berkerudung dengan make up tipis. (inmagine)

VIVAnews - Make up tebal dan tata rambut bersasak identik dengan penampilan presenter di televisi. Penampilan seolah menjadi bagian dari komoditas di industri penyiaran. Tapi, bagaimana dengan wanita presenter di Afganistan yang tak boleh tampil dengan make up tebal?

Tak hanya soal make up, pemerintah setempat juga melarang wanita presenter berita tampil tanpa kerudung atau penutup kepala. "Semua wanita presenter berita harus memakai kerudung dan menghindari make up tebal," kata Menteri Budaya dan Informasi Afganistan, Sayed Makhdoom Rahin, seperti dikutip Reuters.

Kementerian Budaya dan Informasi mengatakan bahwa instruksi itu muncul menyusul protes sejumlah anggota parlemen dan masyarakat yang menuding sejumlah wanita presenter tak mencerminkan nilai-nilai Islam dan etika budaya.

Aturan itu sontak membuat marah sekitar 120 wanita jurnalis di negara tersebut. Mereka khawatir aturan ini menjadi gejala kembalinya kelompok garis keras, yang mengekang dan menjajah kebebasan wanita di masa lalu.

Selama rezim Taliban, 1996-2001, wanita Afganistan tidak boleh sekolah dan bekerja. Selain kehilangan hak-hak dasar warga sipil, mereka juga mendapat hukuman fisik jika tidak mamakai burka, busana yang menutup seluruh tubuh, kecuali mata.

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com