« Kembali
FOTO: Batu Zamrud Terbesar di Dunia
Batu ini diklaim memiliki bobot 11,5 kilogram dan kadar 57.500 karat.
Maya Sofia
Senin, 30 Januari 2012, 09:24 WIB
Teodora , zamrud terbesar di dunia (REUTERS/ Andy Clark)
Teodora , zamrud terbesar di dunia (REUTERS/ Andy Clark)

VIVAnews - Batu zamrud terbesar di dunia dengan kadar 57.500 karat dan bobot 11,5 kilogram dilelang secara terbuka di Rumah Lelang Western Star di Kelowna, British Columbia, Kanada, akhir pekan lalu. Dikutip dari laman Daily Mail, batu permata bernama 'Teodora' yang ditambang di Brasil dan dipotong di India ini diharapkan laku terjual US$1,15 juta.

Meski demikian, masih ada keraguan dari sejumlah kalangan mengenai keaslian batu tersebut. Gemologis, Jeff Nechka mengatakan, ia tidak bisa mengkonfirmasi apakah Teodora merupakan zamrud terbesar di dunia.

"Positif mengandung zamrud, tetapi saya tidak yakin berapa banyak dari itu yang merupakan zamrud," ujar Nechka kepada majalah JCK.

Menurut Nechka, batu tersebut telah dicelup sehingga ada kemungkinan beberapa bagiannya adalah beryl putih, mineral yang membentuk batu zamrud. "Ini telah dicelup sampai batas tertentu, namun tidak mungkin untuk mengetahui intensitas batu sebelumnya. Tidak mungkin bisa mengetahui seberapa banyak dari itu adalah zamrud," katanya.

Regan Reaney dari grosir permata Calgary yang menjual batu zamrud itu, mempersilakan pihak-pihak yang meragukan keaslian batu tersebut untuk memeriksanya.

"Kami tahu ada kandungan zamrud, tapi kami tidak tahu berapa banyak. Kami tahu itu bukan seluruhnya beryl putih, tetapi memiliki beberapa beryl putih di dalamnya. Itu bukan kualitas permata, dan kami tahu itu kelas komersial. Namun, ukurannya yang menjadikan itu spesial," kata Reaney.

Lihat foto-foto zamrud tersebut di tautan ini.

• VIVAlife   |   Share :  
  • branding
    30/01/2012
       Laporkan
    dengan alam geografis yang luas... mungkin suatu saat nanti ada jamrud terbesar yang bisa ditemukan di Indonesia ... amin | via VIVAnews

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com