« Kembali
Bunga, Cara Mudah Luluhkan Hati Wanita
Wanita lebih mudah mengiyakan ajakan kencan bila melihat sebuket bunga.
Anda Nurlaila, Febry Abbdinnah
Minggu, 22 Januari 2012, 16:34 WIB
Kekasih memberi bunga (doc.Corbis)
Kekasih memberi bunga (doc.Corbis)

VIVAnews - Katakan cinta dengan bunga karena bunga selalu berhasil meluluhkan hati wanita. Strategi para pria ini tak hanya didasarkan pengalaman-pengalaman mereka sebelumnya ternyata, hasil penelitian membuktikannya.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas South Brittany mengatakan bahwa wanita akan cenderung tertarik pada seorang pria dan menerima kencan jika mereka berada di hadapan bunga berwarna-warni.

Hubungan romantisme dan bunga sangat kuat, sehingga pria bahkan tak perlu membeli seikat bunga. Hanya diperlukan hiasan bunga di atas meja untuk meluluhkan hati para wanita.

Pada penelitian ini, Dr. Nicolas Gueguen, seorang psikolog dari Universitas South Brittany, meminta sebanyak 45 responden untuk duduk di dalam ruangan dan menyaksikan video yang berisi pria sedang berbicara tentang dirinya.

Sebagian responden menonton video tersebut di dalam ruangan yang cerah dihiasi dengan tiga vas bunga mawar, aster, dan marigold. Sementara, setengahnya berada di dalam ruangan tanpa bunga. Wanita yang menonton video di ruangan dengan bunga cenderung mengatakan pria dalam video tersebut menarik dan bersedia pergi kencan dengannya.

Dalam penelitian kedua, eksperimen yang sama diulang pada 122 wanita lajang berusia 18 hingga 20 tahun. Kali ini, setelah mereka menyaksikan video tersebut, mereka digiring ke sebuah ruangan dan diminta duduk di dekat pria yang sedang menunggunya.

Para peneliti mengatakan bahwa pria tersebut adalah salah satu responden, namun sebenarnya pria tersebut adalah aktor. Ketika pasangan ditinggalkan sendiri, aktor pria diminta untuk berbicara selama lima menit dan kemudian meminta responden wanita untuk berkencan.

Untuk menguji para responden, aktor menggunakan kalimat yang sama yakni, "nama saya Antonie. Anda terlihat cantik. Saya berpikir apakah Anda akan memberikan nomor telepon Anda kepada saya? Saya akan menelepon Anda dan mungkin kita bisa pergi bersama minggu depan."

Jika para responden memberikan nomor teleponnya, ia akan mencatatkannya. Sedangkan, jika ditolak, ia akan mengatakan "Oh, tidak apa," dan tersenyum.

Setelah itu, para peneliti akan memasuki ruangan dan menjelaskan kepada wanita tersebut apa yang sebenarnya terjadi.

Hasilnya, hanya separuh responden wanita yang menonton video di ruangan tanpa bunga menerima tawaran kencan pria tersebut. Sedangkan, terhitung 81 persen responden wanita yang menonton video di ruangan dengan bunga menerima tawaran kencan tersebut.

"Hasil ini mengonfirmasi konsep populer bahwa bunga dapat menghangatkan kisah asmara dan dapat mempermudah ajakan berkencan," ujar Dr Gueguen, dalam tulisannya yang diterbitkan pada jurnal Psychology Press, dikutip Daily Mail.

Namun, para peneliti tidak yakin persis mengapa bunga dapat meluluhkan hati para wanita. "Bunga berhubungan erat dengan percintaan wanita jadi bunga mungkin dapat melembutkan hati wanita," kata Prof Richard Wiseman, psikolog
dari Universitas Hertfordshire.

Menurutnya konsep bunga ini hampir sama dengan konsep secangkir kopi pada seorang interviewer. "Cara yang sama terjadi pada interviewer yang memegang secangkir kopi hangat akan lebih cenderung memberikan seseorang pekerjaan."

"Tanpa disadari asosiasi-asosiasi tertentu dapat memengaruhi perilaku Anda. Tapi, saya pikir ada penjelasan lain. Mungkin karena bunga memiliki tampilan yang baik dan harum sehingga memengaruhi suasana hati."

Jika Anda berada dalam suasana hati yang baik, ia menambahkan, Anda cenderung menjadi kreatif, ramah, murah hati, dan lebih melihat daya tarik seseorang. (umi)

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com