« Kembali
Lima Langkah Menyeimbangkan Hormon
"Hormon digunakan pada tiap sel dalam tubuh"
Mutia Nugraheni
Rabu, 24 Agustus 2011, 15:35 WIB
Tubuh tidak fit (inmagine)
Tubuh tidak fit (inmagine)

VIVAnews - Keseimbangan hormon pada tubuh berperan penting dalam kondisi fisik dan psikologis Anda. Itu karena ketika hormon tidak seimbang Anda akan dengan mudah terpancing secara emosi dan juga sangat sensitif dalam hal fisik.

"Hormon digunakan pada tiap sel dalam tubuh dan Anda adalah penyeimbang hormon yang utama," kata dr. Erika Schwartz, penulis buku 'The Hormone Solution', seperti dikutip dari Oprah.com.

Jika Anda akhir-akhir ini merasa fisik tidak dalam kondisi fit atau emosi tidak stabil bisa jadi kondisi hormon sedang tidak seimbang. Untuk mengatasinya, coba saja lima cara berikut.

1. Perbanyak tidur

Tidur berkualitas pada malam hari adalah cara paling efektif dan alami untuk menyeimbangkan hormon. "Jika Anda tidak cukup tidur tujuh atau delapan jam, maka hormon akan tidak seimbang," kata dr Erika.

2. Pola makan yang sehat
Pola makan dan minm berdampak besar pada kondisi hormon. Dokter Erika menyarankan untuk mengurangi konsumsi produk susu demi keseimbangan hormon. Lalu kurangi juga konsumsi pemanis buatan, alkohol dan kafein. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan B atau dalam bentuk suplemen.

3. Kurangi stres

Beristirahat, merefleksi diri, meditasi adalah cara paling baik untuk mengurangi stres. Usahakanlah menyediakan waktu untuk menenangkan pikiran, bisa sebelum beraktivitas atau menjelang tidur. 

4. Olahraga
"Anda harus bergerak agar tubuh memproduksi hormon yang membuat Anda merasa lebih baik," kata Dr. Schwartz says.  Jika Anda banyak berolahraga tetapi kondisi emosi dan fisik tak kunjung membaik, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

5. Konsultasi dengan dokter
Jangan pernah menyepelekan kondisi hormon, untuk itu Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar mengetahuinya secara detil. Misalnya, produksi hormon estrogen dan testosteron yang berlebih bisa memicu depresi dan meningkatkan risiko penyakit tertentu.

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com