VIVALIFE

Asal Usul Coklat

Coklat itu berbentuk seperti biji-bijian. Para petani memetiknya saat biji sudah matang
Kamis, 15 Januari 2009
Oleh : Suwarjono, Mutia Nugraheni
coklat

VIVAnews - Siapa yang tidak suka coklat? Hampir semua orang menyukai makanan ini. Rasanya manis, bentuknya berbagai macam dan mudah didapat. Apakah kalian juga tahu bagaimana coklat ditemukan ?

Coklat ditemukan pertama kali oleh orang Mexico di Amerika Tengah. Mereka mengolah biji dari tanaman coklat menjadi semacam bubuk bumbu dan minuman. Lalu oleh, Christopher Columbus dan Hernando Cortez bibit coklat dibawa ke benua Eropa pada awal tahun 1500an. Saat itu mereka tidak tahu bagaimana cara mengolah coklat yang mereka bawa karena rasanya sangat pahit.

Lalu, Cortez memiliki ide untuk menambahkan gula ke dalam minuman coklat. Nah, terciptalah minuman coklat yang sangat nikmat. Minuman itu kemudian menjadi sangat terkenal di Eropa. Lalu pada tahun 1800an negara Inggris dan Swiss membuat berbagai macam produk coklat. Nah, sejak dulu hingga sekarang Swiss dan Iggris menjadi negara penghasil produk coklat berkualitas tinggi dan rasanya sangat lezat.

Coklat itu berbentuk seperti biji-bijian. Para petani memetiknya saat biji-biji coklat sudah matang.  Nah, sebelum menjadi makanan atau minuman, biji-biji coklat harus dikupas lebih dulu. Kemudian, selama beberapa hari coklat itu di fermentasi untuk mengurangi rasa pahitnya.

Setelah itu dikeringkan baik menggunakan alat atau di bawah sinar matahari. Setelah kering, biji-biji coklat itu akan dikirimkan ke pabrik-pabrik untuk diolah menjadi berbagai macam produk.

Produknya bermacam-macam bisa berupa coklat batang, permen coklat, es krim coklat atau susu coklat yang sering kita minum.

TERKAIT