« Kembali
Inilah Penyebab Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh
Setelah Anda mengetahui penyebabnya, barulah dapat memutuskan apakah ke dokter atau tidak.
Siswanto
Senin, 4 April 2011, 12:49 WIB
Wanita batuk (inmagine)
Wanita batuk (inmagine)

VIVAnews - Apakah Anda menderita batuk yang berkepanjangan? Berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan tidak sembuh juga, padahal sudah minum obat. Nah, sekarang waktunya untuk mengetahui penyebabnya sehingga Anda dapat memilih obat yang cocok.

Menurut penelitian yang dikutip Times Of India, batuk yang berlangsung kurang dari 3 minggu, disebut sebagai batuk akut. Sedangkan batuk yang berlangsung di antara 3 dan 8 minggu disebut batuk sub-akut. Sementara jika batuk berlangsung selama lebih dari 8 minggu itu namanya batuk kronis.

Sekarang, mari kita lihat penyebab batuk berkepanjangan yang paling umum terjadi di masyarakat. Ada 8 kondisi yang dapat menyebabkannya, yakni:

Common Cold

Kondisi ini terjadi karena ada virus yang kemudian menyebabkan pilek. Virus itu disebut rhinoviruses. Hal ini terjadi karena untuk menjaga tubuh dari serangan dingin, sistem kekebalan tubuh kita meningkatkan sekresi lendir. Kemudian, membuat hidung Anda beringus. Kelebihan cairan dan lendir ini pada gilirannya dapat menyebabkan batuk.

Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab batuk yang paling umum. Batuk menunjukkan adanya benda asing di saluran pernapasan. Dalam kasus perokok, benda asing itu adalah bahan kimia berbahaya yang berasal dari rokok.

Oleh karena itu, dokter menyarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok karena merokok merupakan penyebab batuk kronis.

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

GERD merupakan penyakit yang berasal dari lambung serta kerongkongan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika asam lambung naik hingga ke kerongkongan akibat katup yang lemah. Gejala umum dari GERD ialah batuk yang bersamaan dengan nyeri dada dan sesak napas.

Sinusitis

Sejauh ini, penyebab batuk kronis yang paling sering terjadi ialah sinusitis. Sinusitis ialah kondisi di mana seseorang menderita peradangan atau infeksi pada salah satu atau lebih rongga sinus. Penyebab sinusitis adalah infeksi bakteri, alergi dan penyumbatan hidung.

Batuk rejan atau pertusis

Batuk rejan merupakan batuk yang disebabkan oleh bakteri dan disertai dengan demam, hidung meler, batuk terus menerus yang membuat seseorang sulit bernapas. Ketika menghirup udara ke paru-paru saat batuk dapat menghasilkan suara khas rejan yang bernada tinggi. Pada kondisi awal banyak orang yang tidak mengalami demam, tapi batuk kronis yang menyertai pertusis bisa berlangsung selama berminggu-minggu.

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com