VIVALIFE

Bahaya Kelebihan Vitamin C

Batas aman yang direkomendasikan untuk konsumsi vitamin C adalah 2.000 mg per hari.
Senin, 20 Desember 2010
Oleh : Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti
Suplemen

VIVAnews - Vitamin C (asam askorbat) merupakan nutrisi penting untuk tubuh. Banyak sekali sumber vitamin C yang bisa diperoleh dari berbagai buah dan sayur. Namun, apakah efek samping kelebihan vitamin C, berbahayakah untuk tubuh?

Seperti dikutip dari MayoClinic.com, vitamin C adalah vitamin yang larut air bermanfaat untuk pertumbuhan normal dan pengembangan tubuh. Vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi. Sebab, tubuh tidak memproduksi atau menyimpan vitamin C. Maka itu, penting mengonsumsi sumber makanan bervitamin C.

Bagi kebanyakan orang, segelas kecil jus jeruk ditambah dengan stroberi dan brokoli sudah cukup memenuhi asupan vitamin C harian. Untuk orang dewasa, batas aman yang direkomendasikan untuk konsumsi vitamin C adalah 2.000 miligram (mg) per hari.

Jika vitamin C alami yang didapat melalui makanan dikonsumsi terlalu banyak, efeknya tidak akan membahayakan tubuh. Bila kelebihan, vitamin C akan luruh dengan sendirinya dan keluar dari tubuh melalui urin. 

Namun, jika asupan vitamin C diperoleh dari suplemen vitamin C, terutama yang berdosis tinggi, bisa membahayakan tubuh. Efek yang mungkin Anda derita di antaranya:

- Diare
-  Mual
- Muntah
- Mulas
- Perut kram
- Sakit kepala
- Insomnia
- Batu ginjal

Bila Anda mengalami keluhan ini, sebaiknya atur dosis suplemen vitamin C yang dikonsumsi. Dan, usahakan untuk perbanyak minum air putih.

TERKAIT
TERPOPULER