VIVALIFE

Sumber Vitamin C Terbaik

Jika bosan dengan buah jeruk, penuhi kebutuhan vitamin C dari 5 buah dan sayuran ini.
Senin, 20 September 2010
Oleh : Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti
Sayur dan buah segar

VIVAnews - Tubuh memerlukan vitamin C untuk membantu memelihara sel-sel jaringan tetap sehat dan meningkatkan sistem kekebalan, serta membantu dalam penyerapan zat besi. Vitamin C dianggap sebagai senjata ampuh untuk mencegah dan melawan sejumlah penyakit, terutama yang diakibatkan serangan virus.
 
Seperti dikutip dari laman Shine, khusus untuk orang dewasa, konsumsi asupan harian vitamin C dianjurkan 90 mg dan untuk wanita dewasa 75 mg. Namun kini, banyak orang lebih memilih memenuhi asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

Namun, penelitian yang dilakukan USDA Dietary Guidelines, AS, baru-baru ini mempertanyakan efektivitas pil vitamin C. Para pakar kesehatan lebih menyarankan agar Anda mengonsumsi bahan alami untuk memenuhi asupan vitamin C harian.

Jika berniat memenuhi kebutuhan vitamin C dengan bahan makanan alami, bukan berarti Anda hanya mengonsumsi jeruk. Selain jeruk, ternyata ada sejumlah buah dan sayuran yang juga kaya vitamin C. Jika bosan dengan buah jeruk, penuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh dari 5 bahan makanan berikut ini. 

Jambu biji
Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk. Satu setengah cangkir buah ini mengandung 188 mg vitamin C dan 56 kalori. Mengonsumsi jambu biji dalam keadaan segar memang menyehatkan, namun ada cara lain yang lebih baik untuk menyantap buah ini. Sajikan setup jambu biji yang ditambah dengan kayu manis. Dijamin akan menjadikan rasa buah ini lebih istimewa.

Paprika merah
Layaknya jeruk, paprika merah juga berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sayuran ini menawarkan dosis gizi lebih tinggi vitamin C dibandingkan jeruk. Satu setengah cangkir paprika merah mengandung 142 mg vitamin C (lebih dari satu jeruk sedang) dan 20 kalori. Jika Anda termasuk vegetarian, setengah cangkir mengandung 116 mg vitamin C.

Paprika bisa diaplikasikan kedalam jenis masakan apapun, bisa dicampur dengan salad, tumisan dan masakan panggang lainnya.

Kiwi
Buah asal Selandia Baru ini kaya akan vitamin C. Kiwi mengandung 70 mg gizi dan 46 kalori. Buah ini biasanya dimakan mentah, tapi Anda juga bisa mengolah buah ini sebagai makanan penutup, atau bisa juga ditambahkan dalam menu salad dan campuran aroma untuk yogurt segar di cangkir Anda.

Stroberi
Buah eksotis ini penuh dengan serat dan antioksidan, termasuk vitamin C. Setengah cangkir stroberi mengandung 49 mg vitamin dan 27 kalori. Ketika udara dingin, stroberi juga bisa disajikan bersama panganan hangat, seperti dalam crepes atau pancake.

Kubis Brussel
Sayuran ini mungkin bukan pilihan favorit anak-anak, tetapi kubis Brussel (ukurannya lebih kecil dari kubis biasa)  mengandung 48 mg dari Vitamin C, 300 ug Vitamin K dan 28 kalori.

TERKAIT
TERPOPULER