« Kembali
Tatanan Istimewa Jamuan Natal
Kreasi penataan meja makan yang menarik pasti membuat suasana makan malam lebih semarak.
Irma Kurniati
Selasa, 23 Desember 2008, 16:54 WIB
  (doc Corbis)
  (doc Corbis)

VIVAnews – Merayakan Natal bersama keluarga jamuan makan malam tentulah semakin menghangatkan suasana. Anda pun tidak hanya perlu memikirkan menu hidangan untuk makan malam spesial tersebut, tapi juga harus menyiapkan penataan suguhan.

Jika Anda bermaksud mengadakan jamuan makan istimewa, tak perlu repot menyiapkan pernak-perniknya. Anda tak harus menyewa dekorator khusus untuk mendandani ruang makan Anda.

Ikuti tips menata meja makan Anda agar tampil istimewa.

Tema
Tentukan terlebih dahulu tema dekorasi meja makan Anda. Jika sudah punya tema, Akan lebih mudah bagi Anda menatanya. Anda bisa menentukan tema berdasarkan gaya penataan misalnya klasik, etnik, minimalis, dan sebagainya. Bisa juga berdasarkan warna, misalnya nuansa merah yang klasik, emas yang elegan, biru nan teduh, atau putih yang terasa lebih syahdu.

Tatanan meja
Bentuk meja makan Anda menentukan pola desain tatanan jamuan makan. Bila meja makan Anda berbentuk persegi, Anda bisa membuat tatanan dengan pola radial (berpusat di tengah) ataupun linier (memanjang). Sedangkan jika bentuk meja Anda lingkaran, gaya tatanannya hanya bisa berbentuk radial dengan titik pusat di tengah lingkaran.

Untuk pola radial, buatlah centerpiece yang menarik di tengah berupa rangkaian bunga, buah, lilin, dan sebagainya. Untuk tatanan linier, alasi meja dengan taplak besar, kemudian tambahkan kain panjang (runner) di tengahnya dalam gradasi warna senada atau kontras. Di sepanjang runner Anda bisa meletakkan berbagai pernik sebagai point of interest.

Napkin ring
Aneka cincin serbet (napkin ring) yang menarik bisa langsung membuat tatanan saji lebih segar. Padukan cincin serbet dengan motif dan warna serbet, peralatan makan, alas piring, dan keseluruhan dandanan meja makan Anda.

Koleksi kain etnik
Punya koleksi kain etnik? Manfaatkan menjadi pemanis dekorasi. Bisa Anda jadikan penutup meja, runner, atau pun penghias kursi.

Lace dan satin
Sematan kain lace atau satin di kursi makan langsung menghadirkan nuansa makan malam nan romantis. Ikat kursi makan dengan lace dan sematkan setangkai bunga segar. Dekorasi simpel tapi cantik ini akan membuat suasana pesta lebih terasa.

• VIVAlife   |   Share :  
  • mike.jagger2
    23/02/2012
       Laporkan
    Di negara kita hal seperti itu udh ga aneh lg. Udh biasa. | via VIVAnews

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com