« Kembali
Cara Sederhana Atasi Kapalan
Tuntaskan masalah kapalan dan kaki lecet bisa dengan perawatan berikut ini.
Petti Lubis, Anda Nurlaila
Senin, 5 Juli 2010, 17:42 WIB
Kaki (Corbis)
Kaki (Corbis)

VIVAnews - Memakai sandal atau sepatu yang kurang mendukung, berjalan dan olahraga bisa menimbulkan kapalan, kaki melepuh hingga rasa sakit di kaki.

Dengan perawatan sederhana, kapalan dan kaki lecet bisa diobati seperti dimuat dalam Shineyahoo.

Kapalan
Walaupun kapalan tak terlihat, biasanya tetap menjadi masalah. Jika terlalu tebal dan retak-retak, kapalan bisa menyakitkan. Kapalan yang berbentuk tebal biasanya terjadi pada bagian telapak kaki serta ujung jari serta beberapa organ yang sangat lembut lainnya.
    
Untuk mengobati dan mencegahnya:

- Gosokkan batu apung pada kapalan yang keras secara teratur setelah mandi atau merendam kaki dalam air hangat. Lalu, oleskan pelembab.

- Jika kapalan terlalu menyakitkan atau telah mengganggu akibat rasa sakit, datangi ahli penyakit kulit yang datang memotog area tebal dengan pisau khusus. Bisa juga dokter memberi resep krim atau salep serta membantu mengidentifikasi penyebab kapalan. 

- Selain memakai sepatu yang sesuai, disarankan menggunakan sisipan sepatu, terutama jika Anda memiliki masalah pada kaki.

-Jika memiliki masalah diabetes, saraf atau masalah sirkulasi yang mempengaruhi kesehatan kaki, carilah bantuan medis untuk menanganinya.

Kaki melepuh dan lecet
Sepatu yang masih baru, bahkan yang paling nyaman sekalipun bisa menyebabkan kaki lecet dan melepuh. Kaki yang membengkak berisi cairan biasanya terdapat di bagian kaki tertentu seperti di kelingking dan di atas tumit. Bila kaki yang melepuh belum pecah, bersihkan dengan alkohol dan pecahkan hingga keluar cairan.

Dokter kulit dari Chappaqua, Dr Lydia Evans mengungkap, jangan melepaskan kulit yang melepuh. Jika kulit robek, oleskan salep antibiotik seperti Polysporin untuk mencegah infeksi, dan tutup dengan perban.

Kurangi sentuhan sepatu dengan kulit yang melepuh dengan menaburkan bedak kaki sebelum memakai sepatu agar mencegah keringat, kata Dr Evans.

• VIVAlife   |   Share :  
  • maria
    13/07/2010
       Laporkan
    ia neeeh aduuuh sakit bgt telapak jari aq. smpe g bisa jln..... hehehhehehehe | via VIVAnews

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com