« Kembali
Agar Ibu Hamil Tidak Kurang Darah
Sel darah merah menyuplai oksigen dan gas lain yang sangat penting bagi pertumbuhan janin.
Petti Lubis, Mutia Nugraheni
Selasa, 18 Mei 2010, 12:18 WIB
Ibu Hamil (inmagine.com)
Ibu Hamil (inmagine.com)

VIVAnews - Saat hamil, jangan sampai Anda kekurangan zat besi. Jumlah zat besi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil setiap hari adalah 300 miligram. Zat besi ini sangat penting karena berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah dan membawa oksigen dalam darah ke setiap jaringan.

Pada ibu hamil, volume darah meningkat hingga 50 persen. Untuk itu, zat besi harus ekstra dikonsumsi ibu yang sedang mengandung. Karena, zat besi membentuk sel darah merah yang akan menyuplai oksigen dan gas lain yang sangat penting bagi pertumbuhan janin. 

Lalu, untuk wanita yang tidak hamil, direkomendasikan untuk mengonsumsi zat besi 15 miligram per hari. Jika Anda meningkatkan konsumsi makanan kaya zat besi seperti daging, telur, sayuran, dan sereal  hampir tidak mungkin untuk mencapai 15 miligram per hari tanpa suplemen. Untuk itu baik wanita hamil maupun tidak hamil disarankan mengonsumsi suplemen zat besi.

Sayangnya, efek samping suplemen zat besi dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti perut terasa penuh gas dan sembelit. Sembelit mungkin sudah menjadi masalah kehamilan karena hormon progesteron, bisa memperlambat proses pencernaan. Menambahkan suplemen zat besi dapat membuat konstipasi menjadi lebih buruk. Pastikan Anda mendapatkan cukup serat dari buah-buahan, dan sayuran mentah, karena dapat mengurangi sembelit.

Selain itu, mengonsumsi banyak cairan, terutama air putih dan melakukan aktivitas fisik membantu merangsang aktivitas usus untuk mengatasi sembelit. Jadi, jangan lupa imbangi dengan minum air putih yang cukup dan konsumsi makanan kaya serat. (umi)

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com