« Kembali
Layanan Laboratorium Canggih di RS Fatmawati
Hasil pemeriksaan laboratorium yang biasanya butuh sehari menjadi beberapa menit.
Pipiet Tri Noorastuti, Anda Nurlaila
Jum'at, 16 April 2010, 10:44 WIB
Uji laboratorium (inmagine)
Uji laboratorium (inmagine)

VIVAnews - Pemeriksaan sampel darah atau urine sangat menentukan diagnosis dan penanganan penyakit. Semakin cepat hasil pemeriksaan diperoleh, makin besar peluang pasien sembuh.

Dengan Labolatory Automation System (LAS), Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati mencoba mempercepat proses pemeriksaan laboratorium. Sistem otomatis ini sekaligus mengurangi risiko kesalahan manusia dibanding pemeriksaan laboratorium manual.

Biasanya satu sampel darah yang melalui pemeriksaan semiotomatis atau manual membutuhkan waktu hingga satu hari. Dengan sistem LAS, pemeriksaan sampel hanya memerlukan waktu beberapa menit. Hasil pemeriksaan juga bisa diperluas dan lebih banyak.

Dr Chairul Radjab Nasution, Direktur Utama RSU Fatmawati mengungkap, fasilitas terbaru ini akan meningkatkan keamanan pasien dan respond time yang lebih baik. "Diagnosa yang tepat dari hasil pemeriksaan akan memungkinkan segera diberikan penanganan kepada pasien," ujarnya pada konferensi pers di RSUP Fatmawati Jakarta, Kamis 15 April 2009.

Pemeriksaan dengan sistem LAS berlangsung selama 24 jam. Melalui Transport Pneumatic Tube & Labolatory Information System (LIS), sampel diambil dari tujuh terminal yaitu IGD, perawatan GPS, Griya Husada, Perawatan IRNA A, IRNA B, perawatan paviliun Anggrek, dan laboratorium sebagai induknya.

Menurut Dr Chairul, LAS mampu menyatukan pemeriksaan kimia klinik dan immunologi sekaligus. Tes kimia klinik mencapai 1600 tes per jam, alat imunologi dapat menyelesaikan 240 tes per jam, sementara alat hematologi dapat melakukan 120 tes per jam. "Dalam sehari, total pemeriksaan bisa mencapai 1.800 hasil," katanya.

Percepatan pemeriksaan tidak akan menyebabkan kenaikan biaya labolatorium. Misalnya saja, pemeriksaan hemodialisa tetap seharga Rp 35-45 ribu dan pemeriksaan glukosa sekitar Rp 18 ribu.

Dengan begitu, Chairul berharap, pemeriksaan hasil laboratorium bisa terpenuhi dengan cepat.  Dalam sehari RSUP Fatmawati melayani pemeriksaan sampel sebanyak 350 sampel.  Ini adalah upaya RSUP Fatmawati meningkatkan kualitas layanan memasuki usia ke-49 tahun ini.

• VIVAlife   |   Share :  
  • Kiki
    29/10/2010
       Laporkan
    untuk lab-nya tolong dong diperjelas tes2 mana saja yg bisa dicover askes/asuransi lainnya..jangan nanya perkiraan harga tapi jawabnya diawang2..trus perbaiki juga attitude staff dan pegawai labnya | via VIVAnews
  • ardyatma
    18/10/2010
       Laporkan
    di RSUP Fatmawati bisa check-up medical untuk visa kerja ke Brunei tidak? kalau bisa, berapa biayanya? | via VIVAnews
  • fera
    08/08/2010
       Laporkan
    hebat, RSUP Fatmawati semakin maju saja. Bangunan fisik dan fasilitasnya makin lengkap. Semangat............... | via VIVAnews

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com