« Kembali
Solusi Tepat untuk Atasi Masalah Uban
Atasi masalah rambut seperti, uban, kasar dan kusam serta tak bervolume dengan cara ini!
Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti
Selasa, 2 Maret 2010, 17:00 WIB
Bad Hair Day (doc Corbis)
Bad Hair Day (doc Corbis)

VIVAnews - Seiring bertambahnya usia, selain wajah, rambut juga akan mengalami proses penuaan. Tahun lalu, para ahli kesehatan rambut (trichologist) melakukan penyelidikan terhadap produk perawatan rambut antipenuaan. Hasilnya, ternyata, tak hanya wajah yang bisa terhindar dari efek penuaan, rambut pun bisa terlihat tetap berkilau dan indah tanpa uban.

Namun, perawatan dari produk kesehatan rambut tidak seperti krim yang biasa digunakan untuk mencegah penuaan pada wajah. Menggunakan produk perawatan rambut hanya akan melindungi bagian rambut saja. Tapi, tidak mencegah datangnya uban.

Gangguan pada rambut mungkin hanya mengalami sel-sel mati dengan maksimum lima tahun siklus hidup. Tapi, kilau rambut pada wanita biasanya dapat terlihat alami tergantung usia. Rata-rata wanita usia 18 tahun, kondisi rambut akan terlihat lebih berkilau selama beberapa tahun ke depan. Tidak hanya kilau dan warna yang berbeda, Philip Kingsley trichologist menjelaskan tekstur rambut di usia 18 juga lebih halus dan lebih lembut.

"Ketika beranjak tua, folikel rambut memproduksi rambut tipis, yang lebih rapuh," katanya.

Tentu saja, kondisi penuaan rambut bukan hanya disebabkan kekurangan volume dan kilau rambut. Perubahan dalam kadar hormon dapat juga mempengaruhi kualitas kesehatan rambut. Seiring bertambahnya usia, kualitas rambut juga bisa menjadi sinyal bahwa Anda terlihat lebih tua.

Jika mengalami perubahan pada rambut Anda seiring bertambahnya usia, ada cara untuk membuatnya tampak lebih muda. Meski cara ini tidak akan mengubah struktur rambut Anda, tetapi dapat bekerja secara sederhana untuk memberikan rambut Anda lebih tebal, lebih berkilau. Beberapa kunci yang perlu Anda ketahui untuk kesehatan dan kecantikan rambut, di antaranya adalah :

Tidak bervolume
"Kurangnya volume rambut tidak selalu berkaitan dengan usia," kata Kingsley. Rendahnya kadar zat besi, masalah tiroid, gizi dan kondisi hormonerelated, seperti 'polycystic ovarian syndrome', dapat menyebabkan rambut menipis. Ini tak hanya disebabkan karena adanya sedikit rambut di kepala, tapi juga rambut yang lebih tipis. "

Hal ini penting untuk mengidentifikasi apakah rambut Anda tumbuh secara merata. Jika tidak, Anda perlu waspada, karena mungkin ada gejala gangguan kesehatan lebih serius. Untuk mengetahuinya, Anda dapat melakukan tes darah. Dan, untuk solusi jangka pendek ada cara untuk menciptakan ilusi rambut tebal.

Larutan kimia, seperti pewarna sekaligus penyubur rambut dan produk pengeriting rambut, dapat menyebabkan rambut rapuh dan rontok.

Untuk memperbaiki rambut tipis ada baiknya menggunakan produk-produk yang tidak akan mengubah struktur, tapi bekerja dengan halus melapisi setiap rambut, sehingga membuat rambut terlihat lebih tebal.

Rambut kusam
Rambut berkilau memberikan kesan muda dan sehat. Alasan rambut sering terlihat kusam adalah karena lebih banyak rambut halus dan lebih rentan terhadap kerusakan. Namun, menurut Kingsley, ada beberapa hal yang menyebabkan rambut terlihat lebih kasar dan kusam. Terjadinya kerusakan pada kutikula rambut atau pada bagian permukaan luar rambut sering terasa seperti panas akibat terlalu banyaknya penggunaan produk berbahan kimia.

Jadi, hindari penggunaan besi panas sebagai pengeriting atau pelurus rambut. Sebab, penggunaan terlalu sering bisa menyebabkan rambut terlihat 20 tahun lebih tua. Tinggalkan produk kecantikan berbahan kimia. Menggunakan serum adalah cara cepat untuk membuat rambut lebih bersinar. Untuk hasil terbaik, ikuti dengan penggunaan kondisioner, yang membantu meratakan kutikula sehingga memantulkan kilau rambut lebih baik.

Rambut beruban
Banyak orang berusaha menyamarkan warna rambut beruban dengan menggunakan cat pewarna rambut kimiawi. Namun, Cetera Domba, pakar pewarna rambut menjelaskan, sesungguhnya warna alami rambut seperti warna perak untuk rambut beruban juga tidak selamanya terlihat buruk. Daripada mewarnai rambut dengan warna lain, lebih baik memperbaikinya agar terlihat lebih berkilau.

"Jika hanya ada beberapa rambut beruban, cobalah pilih warna alami rambut Anda," katanya.

• VIVAlife   |   Share :  
  • daniel
    06/05/2010
       Laporkan
    cuma analisa tidak tepat sasaran | via VIVAnews
  • andang hardjanto
    03/03/2010
       Laporkan
    artikel untuk mengatasi uban ini sangat tidak jelas apa yang dimaksudkan...... | via VIVAnews

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com