« Kembali
Sirih dan Syair Melayu di Lamaran Dian Sastro
Upacara lamaran diselenggarakan dengan adat Sumatera Selatan.
Arfi Bambani Amri, Bayu Galih
Minggu, 14 Februari 2010, 20:53 WIB
Dian Sastro (Beno Junianto/VIVAnews)
Dian Sastro (Beno Junianto/VIVAnews)

VIVAnews - Artis cantik Diandra Paramitha Sastrowardoyo dilamar kekasihnya Indraguna Sutowo, malam ini, 14 Februari 2010. Indra yang merupakan cucu dari pengusaha minyak zaman Orde Baru, Ibnu Sutowo, melamar pemeran dalam film "Ada Apa dengan Cinta" itu dengan menggunakan prosesi upacara adat Sumatera Selatan.

Prosesi diawali dengan upacara makan sirih antara Keluarga Dian Sastro dengan Keluarga Indraguna Sutowo. Adapun maksud dari upacara makan sirih menyimbolkan penyatuan dua keluarga. Namun Dian dan Indra belum muncul saat upacara ini berlangsung.

Setelah prosesi makan sirih, baru Indra dan Dian masuk ke tempat upacara. Dian mengenakan kebaya merah, sedangkan Indra mengenakan pakaian adat Sumatera Selatan berwarna hitam.

Indra dan Dian masuk ke prosesi upacara lamaran untuk melakukan tukar cincin. Selama tukar cincin berlangsung, sepasang kekasih ini ditemani sejumlah syair dan lagu berbahasa Melayu.

Setelah itu, Dian melakukan proses nyawat. Sambil berdiri di lingkaran berwarna emas, para perempuan dari pihak keluarga Indra dan Dian mengalungkan Dian untaian lingkaran bunga. Kemudian, untaian bunga itu dilingkarkan ke badan Dian hingga ujung kaki.

Setelah itu, keluarga Indra bergantian mengenakan pakaian adat Sumatera Selatan kepada Dian. Sejumlah perhiasan juga dikenakan kepada Dian saat lamaran.

Dian dan Indra tampak khusyuk selama mengikuti proses lamaran. Acara lamaran ini sendiri hanya diikuti keluarga, kerabat, dan sahabat Dian dan Indra. Tampak hadir di antara tamu sahabat Dian, artis cantik Wulan Guritno.

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com