« Kembali
Ciri-ciri Asma Pada Anak
Jauhkan anak dari debu, obat nyamuk, binatang dan lain sebagainya.
Finalia Kodrati, Lutfi Dwi Puji Astuti
Jum'at, 5 Februari 2010, 14:35 WIB
Anak sakit (Corbis)
Anak sakit (Corbis)

VIVAnews - Asma adalah kondisi yang disebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan kecil (bronchi). Penyakit asma pada anak bisa terjadi karena faktor lingkungan ataupun keturunan. Oleh karena itu, orangtua harus waspada dan rajin mengamati kondisi si anak.

Dokter Spesialis Anak, Bambang Supriyanto membeberkan tentang ciri-ciri asma pada anak-anak. Bambang Supriyanto menjelaskan ciri-ciri tersebut saat menghadiri acara talkshow 'Woman Helath Expo 2010' di Hotel Sahid, Jumat 5 Februari 2010.

Menurut dokter Bambang Supriyanto, ada beberapa ciri-ciri pada anak saat mengalami asma. Berikut ciri-cirinya:

- Batuk atau mengi pada malam hari atau bisa juga terjadi pada musiman. Setelah selesai aktivitas batuk akan menghilang sendiri dengan atau tanpa obat.

- Ada riwayat alergi baik pada pasien atau keluarga

Tak hanya ciri-cirinya, tetapi penyebab asma juga perlu diketahui.

- Asma bisa juga karena adanya kelainan pada saluran pernafasan seperti halnya otot saluran nafas mengkerut, saluran lendir menebal atau bengkak dan lendir lebih banyak yang kental dan lengket.

- Anak yang terkena asma biasanya sesak nafas dan nafasnya cepat. Sakit di bagian dada dan biru disekitar mulut serta susah berkata-kata.

Dokter Bambang menjelaskan untuk menghindari anak-anak dari penyakit asma adalah menjauhkan atau menghindari anak dari debu, binatang, kapuk, makanan  yang bisa menyebabkan alergi dan asap rokok serta obat nyamuk dan juga jauhkan dari udara dingin.

"Penyakit asma pada anak 80 persen bisa disembuhkan asal ditangani dengan cepat," tandasnya.

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com