« Kembali
Ciri-ciri 4 Zat Berbahaya pada Makanan
Kenali ciri-ciri jajanan atau makanan yang mengandung empat zat berbahaya pada makanan ini
Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti
Selasa, 12 Januari 2010, 17:54 WIB
Jajanan Buka Puasa (Mutia Nugraheni/VIVAnews)
Jajanan Buka Puasa (Mutia Nugraheni/VIVAnews)

VIVAnews - Zat-zat berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker bisa saja terdapat pada jajanan pasar atau jajanan anak-anak di sekolah. Apa saja zat-zat berbahaya itu, ciri-cirinya jika terkandung dalam makanan dan apa efeknya jika tubuh mengonsumsinya?

Pewarna Kuning Metanil (Methanil Yellow)
Kuning metanil adalah zat warna sintesis berwarna kuning kecokelatan dan berbentuk padat atau serbuk. Pewarna ini digunakan untuk pewarna tekstil dan cat. Kuning metanil merupakan bahan yang dilarang untuk digunakan sebagai pewarna pangan.

Kuning Metanil akan berbahaya jika terhirup, mengenai kulit, mengenai mata dan tertelan. Akibat yang ditimbulkan bisa iritasi pada saluran pernapasan, gangguan pada mata dan bahaya kanker pada kandung dan saluran kemih.

Apabila tertelan, bisa menyebabkan mual, muntah , sakit perut, diare, panas, rasa tidak enak dan tekanan darah rendah.

Penyalahgunaan kuning metanil untuk pangan telah ditemukan untuk beberapa jenis pangan di antaranya, kerupuk, mie, pangan jajanan berwarna kuning dan banyak juga sebagai pewarna pada tahu. Ciri pangan dengan pewarna kuning metanil biasanya, berwarna kuning menyolok dan cenderung berpendar, banyak memberikan titik-titik warna karena tidak homogen (misalnya pada kerupuk).

Pewarna Rhodamin B
Ini juga merupakan pewarna sintesis yang digunakan pada industri tekstil dan kertas. Bentuknya serbuk kristal merah keunguan dan dalam larutan akan berwarna merah terang berpendar. Zat warna ini juga dilarang digunakan untuk makanan.

Rhodamin B juga berbahaya jika terhirup, mengenai kulit, mengenai mata dan tertelan. Akibatnya yang ditimbulkan bisa iritasi pada saluran pernafasan, iritasi kulit, iritasi pada mata, iritasi saluran pencernaan dan bahaya kanker hati.

Jika tertelan selain menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan, cirinya air seni akan berwarna merah atau merah muda. Penyalahgunaan rhodamin B untuk pewarna pangan telah banyak ditemukan pada panganan seperti kerupuk, terasi, dan beberapa jajanan yang berwarna merah.

Perlu diketahui juga, ciri-ciri pangan dengan pewarna ini adalah: berwarna merah menyolok dan cenderung berpendar, banyak memberikan titik-titik warna karena tidak homogen (misalnya pada kerupuk dan es puter).

Kenali ciri-ciri Boraks dan Formalin di makanan serta efeknya pada kesehatan di sini!

• VIVAlife   |   Share :  
  • Anita Lucya
    03/05/2010
       Laporkan
    Terima kasih, ilmu ini sgt bermanfaat. Mohon ijin copas, untuk disebarkan ke teman2. Pernahkah terpikir oleh kita, bahwa penjual hanya inginkan uang dari si pembeli, apakah mrk perduli dgn kesehatan kita?? Pernahkah terpikir oleh si pembeli utk mencari ta | via VIVAnews
  • Yayank
    22/01/2010
       Laporkan
    Harus Waspada klo mu jajan dluar ... Jgn smbrng beli ne ... !!! | via VIVAnews
  • bravo
    13/01/2010
       Laporkan
    dari BPOM, HARUS KERJA LEBIH KERAS LAGI... JANGAN HANYA MENUNGGU KALAU ADA INFORMASINYA SAJA...... DAN SEMUA YANG JUALAN HAL TERSEBUT PADA S A D A R....... | via VIVAnews
  • Dea
    12/01/2010
       Laporkan
    oww.. pantesan perna makan kerupuk yg pinggirannya warna warni lgs mual", pengen muntah... berbahaya, ati" deh jajan di luar. | via VIVAnews
  • frans
    12/01/2010
       Laporkan
    gika bner zat" kyk gini.... yang jualan brengsek smua'ny..,smoga mreka yg jual zat" b'rbahaya ky diatas pada sadar.... | via VIVAnews

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com