« Kembali
Ketahui Sumber Polusi Udara dalam Rumah
Cat memiliki dampak negatif pada paru-paru.
Finalia Kodrati, Mutia Nugraheni
Minggu, 27 Desember 2009, 16:32 WIB
mengecat rumah (dok. Corbis)
mengecat rumah (dok. Corbis)

VIVAnews - Jangan mengira polusi udara hanya berada di luar rumah. Polusi udara bukan hanya berasal dari knalpot atau asap pembakaran pabrik saja. Di dalam rumah pun terdapat sumber polusi udara yang bisa membahayakan kesehatan Anda dan keluarga.

Segera ketahui apa saja sumber polusi dalam rumah Anda.

- Cat

Cat memang bagus untuk tembok dan membuat suasana nyaman pada rumah Anda. Tetapi, memiliki dampak negatif pada paru-paru bahkan otak. Kandungan timbal pada cat yang membuatnya berbahaya.

Timbal pada cat bisa saja menempel pada tangan dan tertelan. Risiko kerusakan otak dan paru-paru bisa terjadi karena timbal pada cat. Kunci penting untuk mengatasinya adalah dengan memastikan ventilasi udara berjalan dengan baik, agar pertukaran udara berjalan lancar.

- Karpet

Debu, kutu, jamur dan bulu-bulu hewan peliharaan sangat mudah menyangkut pada karpet. Campurannya yang berbentuk partikel tidak terlihat, sangat mudah terhirup terutama saat Anda sedang berbaring di karpet.

Partikel-partikel tersebut sangat cepat memicu alergi dan sesak nafas. Sebaiknya kurangi pengggunaan karpet. Selalu bersihkan karpet secara teratur dan simpan di tempat yang terlindung dari debu.

- Produk pembersih

Produk pembersih yang sering kita gunakan juga bisa menjadi sumber polusi udara dalam rumah. Jangan sembarangan mencampur produk-produk pembersih seperti yang berbahan klorin dengan yang berbahan asam seperti cuka atau amonia. Campurannya bisa berbahaya dan menimbulkan sesak nafas bahkan iritasi pada kulit.

- Kompor

Selalu pastikan ventilasi dalam dapur berada dalam keadaan baik. Hal itu karena gas dari kompor bisa meningkatkan level nitrogen oksida pada udara dan bisa memicu serangan asma serta masalah pernafasan.

Selalu nyalakan exhaust fan saat memasak agar asap dari masakan bisa langsung ke luar dan tidak terhisap.

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com