« Kembali
2012, Bukan Satu-satunya 'Hari Kiamat'
Kiamat juga dihubung-hubungkan dengan angka '666', simbol setan dalam Injil.
Elin Yunita Kristanti
Selasa, 17 November 2009, 06:30 WIB
Film 2012  
Film 2012  

VIVAnews - Kiamat kembali jadi topik pembicaraan. Seperti yang ditayangkan dalam Film '2012' kiamat dan kehancuran dunia diperkirakan akan terjadi tiga tahun lagi.

Seperti dikutip dari laman New Kerala, bukan kali ini saja manusia berusaha meramalkan datangnya kiamat. Ramalan kiamat pertama muncul di masa Romawi Kuno. Jaman itu meramalkan letusan Gunung Vesuvius pada 79 sebelum Masehi adalah petanda kiamat.

Kiamat juga dihubung-hubungkan dengan angka '666', simbol setan dalam Injil. Para penganut Kristen di Eropa pernah meramalkan kiamat akan terjadi pada 1666, namun meleset.

Dari ratusan ramalan soal datangnya kiamat, berikut 10 ramalan paling kiamat paling berpengaruh seperti dimuat laman LiveScience, untungnya tak ada satupun yang terbukti.

1. Ramalan Leeds, kiamat terjadi pada 1806

Sejarah mencatat tak terhitung banyaknya orang yang mengabarkan kebangkitan Yesus, namun tak ada yang seaneh di Leeds pada 1806. Tulisan 'Yesus telah datang' tertulis di telur ayam. Kabar ini menyebar dengan luas, orang-orang percaya kiamat sebentar lagi.

2. Millerites, kiamat terjadi pada 1843

Seorang petani New England bernama William Miller, setelah bertahun-tahun mempelajari Injil, menyimpulkan bawa Tuhan telah memilih hari kiamat, antara 21 Maret 1843 sampai 21 Maret 1844. Ribuan orang menjadi pengikutnya, mereka lalu memutuskan waktu kiamat adalah 23 April 1843.

Sebagian pengikut menjual atau bahkan membagi-bagikan harta milik mereka. Alasannya, toh sebentar lagi kiamat, mereka tak lagi  butuh barang-barang itu.

3. Ramalan Armageddon, Mormon, kiamat terjadi pada 1891

Joseph Smith, pendiri gereja Mormon mengundang rapat para pimpinan gereja pada February 1835.  Dalam rapat itu, dia mengabarkan Yesus akan turun sekitar 56 tahun lagi, setelah itu dunia menuju titik akhir.

4. Komet Halley, kiamat terjadi 1910

Pada 1881 astronom memprediksikan sebuah komet yang mengandung gas beracun, cyanogen, akan datang ke bumi. Tak ada yang mengkhawatirkan ramalan itu, sampai orang-orang menyadari bahwa sebuah komet [Komet Halley] akan melintas ke bumi pada 1910.

Apakah bumi akan diselubungi gas beracun? Spekulasi ini bahkan jadi headline di The New York Times dan beberapa koran lainnya, mengundang kepanikan di Amerika Serikat dan beberapa negara.

5. Ramalan Pat Robertson, kiamat terjadi pada 1982

Pada Mei 1980, seorang pendeta Evangelist, Pat Robertson memperingatkan kiamat akaan terjadi dalam waktu dekat. "Saya menjamin, akhir 1982 akan jadi hari terakhir dunia," kata dia saat itu.

6.Sekte  'Heaven's Gate' atau 'Pintu Surga', kiamat terjadi pada 1997

Ketika komet Hale-Bopp terlihat pada 1997, rumor yang mengatakan kapal alien datang ke bumi, menumpang komet tersebut. Fenomena itu disimpulkan oleh sekte 'Pintu Surga' sebagai akhir dunia.

Yang mencengangkan, 39 anggota sekte 'Pintu Surga' melakukan bunuh diri massal pada 26 Maret 1997. Mereka beranggapan dengan melakukan bunuh diri, mereka akan terselamatkan.

7. Nostradamus, kiamat terjadi pada Juli 1999

Selama 400 tahun, ramalan Nostradamus telah membuat penasaran. Tulisannya diinterpretasikan selama berabad-abad dengan banyak versi.

Salah satu syairnya yang terkenal adalah," Pada tahun 1999, bulan ketujuh. Akan muncul dari langit, maharaja teror."

Banyak yang percaya, cukilan syair Nostradamus ini adalah ramalan akhir dunia.

8. Y2K, kiamat akan terjadi 1 Januari 2000

Milenium baru diramalkan akan memicu kekacauan komputer. Masalah ini mengemuka pertama kali pada 1970, yang mempertanyakan mampukah komputer membaca beda antara tahun 2000-an dan 1900-an.

Tak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi, namun kekhawatiran dipicu ketakutan adanya bencana nuklir yang terjadi akibat kekacauan dalam sistem komputerisasi. Akibatnya, penjualan senjata melonjak, sebagian orang yang panik pun memilih untuk tinggal di dalam bunker.

9. Ramalan kiamat 5 Mei 2000

Ketika ramalan Y2k tak terbukti, muncul ramalan kiamat di tahun yang sama. Seorang penulis buku, Richard Noone, pada 5 Mei 2000, es di Antartika meleleh. Bencana ini akan mengakibatkan musnahnya umat manusia.

10.Ramalan Gereja Ministri, kehancuran terjadi pada musim Gugur 2008

Pada 2006,  pimpinan gereja ministri, Ronald Weinland, mengeluarkan sejumlah buku yang menyebut ratusan orang akan mati secara massal. "Maksimal dua tahun tersisa, sebelum dunia mengalami saat terburuknya sepanjang sejarah umat manusia."

Di musim gugur 2008, Amerika Serikat akan jatuh dan tak lagi menjadi negara yang merdeka.

• VIVAlife   |   Share :  
  • Esra tambunan
    04/12/2009
       Laporkan
    salom,masalah film,yah film yg diciptakan manusia bahkan ceritanya yang diaplikasikan.tapi kita ambil hikmanya saja.kalaulah itu terjadi tiba2.. Yah kita bingung...kan? apa yang mau dilakukan? peristiwa seperti itu bakal terjadi.cepat atu lambat. itulah | via VIVAnews
  • tirta
    26/11/2009
       Laporkan
    filmnya sesat.g ada yg bisa menghindar dari kiamat.bener kata mui...yg blum nonton jangan deh. | via VIVAnews
  • itho
    23/11/2009
       Laporkan
    Film 2012 ini memang kelihatannya nyata tp qta tdk mungkin bsa teringat-ingat oleh fil tersebut krna film ini bukan lah kiamat yg sebenarnya.... | via VIVAnews
  • Elisa
    21/11/2009
       Laporkan
    ehhhhhhhh klu aku gk stuju, msk manusia bisa menentukan hri kiamat,stau aku itu hanya hayalan karna Tuhan gk mungkin mlihat umatnya menderita,,,,,,,,,,,, jdi kita to gk ush tkut, kita harus banya berdoa kpada Tuhan,,,,,,,,,,,,,,, | via VIVAnews
  • zilly
    17/11/2009
       Laporkan
    yah jangn gt dung jng tegang yang penting beribadah yg bnyk | via VIVAnews
  • zilly
    17/11/2009
       Laporkan
    yah jangn gt dung jng tegang yang penting beribadah yg bnyk | via VIVAnews
  • harry
    17/11/2009
       Laporkan
    jangan deh dikaitkan dgn agama,penganut agama lain aja tenang tenang kok,itu tanda mereka udah dewasa ,ini kan hanya film. | via VIVAnews
  • Hendi Herawan
    17/11/2009
       Laporkan
    film 2012 bukan soal kiamat, dont be too overreacted, film in bercerita tentang runtuhnya lempeng pasifik akibat aktivitas geologis, since this is just another science fiction movies, so far there is nothing wrong with the movie... | via VIVAnews
  • tantenton
    17/11/2009
       Laporkan
    ooh pantesan aja | via VIVAnews
  • Pdt Yusup Suharno
    17/11/2009
       Laporkan
    Kiamat itu dimana bumi dan langit hancur semua ( tidak ada makhluk yang hidup) sedangkan dalam injil disebutkan kiamat terjadi setelah Kerajaan 1000 tahun dibumu terjadi dulu baru kiamat jadi tahun 2012 kalau terjadi betul bumi tabrakan dengan planit itu | via VIVAnews

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com